Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS TEMATIK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VII PADA MATERI TEKS CERITA FABEL DI MTS MA’ARIF SIDOMUKTI KEBOMAS GRESIKPenulis : Ikke Nur IslamiDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S. Pd., M. Pd.,Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang antusias dalam bercerita dan media yang kurang menarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bercerita siswa dengan menggunakan media pop up book berbasis tematik dan kemampuan bercerita siswa tanpa menggunakan media pop up book berbasis tematik, serta untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media pop up book berbasis tematik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII pada materi teks cerita fabel di MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik. Media pop up book berbasis tematik adalah media berupa buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau berunsur 3 dimensi, dengan menggunakan tema-tema tertentu dalam cerita, sehingga siswa akan menjadi lebih mudah dan lebih kreatif dalam bercerita. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif quasi eksperimental design dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik. Sampel yang digunakan yaitu teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa hasil unjuk kerja siswa. Pengujian validitas menggunakan uji validitas konstruk dan pengujian realibilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Setelah data dikatakan valid dan reliabel, selanjutnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas, dan untuk menguji hipotesis dilakukan uji t. Hasil uji-t diperoleh 2 nilai 8,07 dan 2,0423, berdasarkan kriteria penilaian jika =8,07 > =2,0423 maka Ho ditolak dan terdapat efektevitas pengguanaan media pop up book berbasis tematik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII pada materi teks cerita fabel di MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik. Kata kunci: Media Pop Up Book Berbasis Tematik, Bercerita, Teks Cerita Fabel
AbstractionABSTRACT This research is motivated by the number of students who are less enthusiastic in storytelling and less interesting media in the learning process. This study aims to determine the differences in students' storytelling abilities using thematic-based pop up book media and the ability to tell students without using thematic-based pop up book media, as well as to find out how the effectiveness of thematic-based pop up book media on the ability to tell VII grade students on material fable story text at MTs Ma'arif Sidomukti Kebomas Gresik. Thematic-based pop up book media is a media in the form of books that have movable or 3-dimensional elements, using certain themes in the story, so students will be easier and more creative in telling stories. This type of research is quantitative quasi experimental design with nonequivalent control group design. The population of this study was all seventh grade students of MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik. The sample used is purposive sampling technique. Data collection techniques use test methods in the form of student performance results. Validity testing uses construct validity and reliability testing using alpha cronbach technique. After the data is said to be valid and reliable, then a normality and homogeneity test is carried out, and to test the hypothesis a t test is conducted. The t-test results were obtained values 8.07 and 2.0423, based on the evaluation criteria if = 8.07> = 2.0423 then Ho was rejected and there was an effectiveness of using thematic-based pop up book media on the ability to tell VII grade students on story text material fable at MTs Ma'arif Sidomukti Kebomas Gresik. Keywords: Thematic Based Pop Up Book Media, Storytelling, Fable Story Text