Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Burneh.
    Penulis : Dian Atika Apriatin
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik, di antaranya kesulitan dalam menuangkan gagasan, kurangnya keterampilan dalam menyusun kata-kata, menulis dianggap pembelajaran yang membosankan, dan model yang digunakan kurang sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Burneh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk desain eksperimen dengan metode penelitian Quasi Experimental Design dan penggunaan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Burneh dengan jumlah 162 siswa. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, analisis lembar observasi, dan analisis angket. Pelaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dilakukan melalui tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) diterapkan pada tahap pelaksanaan karena dilakukan pengujian untuk mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh ttabel = 2,045 dan thitung = 8,255 dengan taraf signifikasi sebesar ? = 0,05. Sesuai dengan kaidah pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Burneh. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Keterampilan Menulis, Materi Teks Eksplanasi, Pengaruh.

    Abstraction

    This study was conducted based on the problems faced by learners, including difficulty in expressing ideas, lack of skills in drafting the words, writing is considered a boring learning, and models that are used less in accordance with instructional materials. The objective of this research is to observe the implementation of Numbered Head Together (NHT) learning model and the impact of Numbered Head Together (NHT) learning model on explanatory text writing skill of 8th grade students in SMP Negeri 2 Burneh. This research uses quantitative scheme design experiment approach with Quasi Experimental Design research method and use of Nonequivalent Control Group Design scheme. Objects on this research are 162 8th grade students of SMP Negeri 2 Bruneh which chosen samples are from VIIID as the controlling class and VIIIE as the experimental class that each class has 31 students. Data collecting methods on this research consist of writing assessment, observation, questionnaire, and documentation. Steps of data analysis on this research are validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, t-test, observation sheets analysis and questionnaire analysis. Numbered Head Together (NHT) learning model is applied on three steps namely preparation, implementation, and evaluation. Numbered Head Together (NHT) learning model applied on the implementation step since the evaluation to observe impact on this learning model is practiced on this step. The results of this research show if Numbered Head Together (NHT) learning model gives impact on student’s explanatory text writing skill. According to the t-test calculation, it obtained ttable = 2,045 dan tcount = 8,255 with significance level ? = 0,05. Based on the testing rule tcount > ttable, it concluded if H0 is declined and Ha is accepted which Numbered Head Together (NHT) learning model gives impact on explanatory text writing skill of 8th grade students in SMP Negeri 2 Bruneh. Key words: Of Numbered Head Together (NHT) Learning Model, Writing skills, Explanatory Text Material, Impact.

Detail Jurnal