Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN MEDIA GAMBAR INSPIRATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I PADEMAWUPenulis : Aryani NovianaDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ahmad Jamiāul Amil, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran discovery dengan media gambar inspiratif terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri I Pademawu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design dan penggunaan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Pademawu dengan jumlah 172 siswa. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas sebanayk 30 siswa. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket (kuesioner), teks wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t), analisis lembar angket respon siswa dan analisis lembar teks wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajarn discovery dengan media gambar inspiratif terhadap keterampilan menuls teks persuasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (uji-t) diperoleh t tabel = 2,048 dan t hitung = 9,363 dengan taraf signifikasi sebesar ? = 0,05. Sesuai dengan kaidah penghitungan t hitung ditolak dan H a diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran discovery dengan media gambar inspiratif terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri I Pademawu. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Discovery, Media Gambar Inspiratif, Keterampilan Menulis, Teks Persuasi.
AbstractionThis research aims to test the influence of discovery learning strategies with media images of inspiring persuasion text writing skills against students of class VIII SMP Negeri I Pademawu. This research is quantitative research with a Quasi Experimental Design research methods and the use of the shape of the Nonequivalent Control Group Design. The population in this research is grade VIII SMP Negeri I Pademawu with a total of 172 students. The selected sample was grade VIII E control as a class and the students of classes VIII F as class experiments with the number of each class of 30 students sebanayk. Variables used IE free variables (X) and variable (Y). Engineering data collection using the test, question form (questionnaire), the text of the interview and documentation. The stages of data analysis used is test validity, reliability test, test, test the normality of its homogeneity, test the hypothesis (test-t), analysis of student response sheet question form and analysis sheet text interview. The results showed that there was influence strategies pembelajarn discovery with media images of inspiring persuasion skills against menuls text. Based on the results of the calculation hypotheses test (test-t) obtained t tabel =2.048 t hitung = 9.363 and level the significance of ? = 0.05. In accordance with the rules of calculating t hitung > t tabel then H 0 is rejected and the H a , so that it can be concluded that there is a discovery learning strategies influence with media images of inspiring persuasion text writing skills against students of class VIII SMP Negeri I Pademawu. Keywords: Discovery Learning Strategies, Media Images, Inspirational Texts, Writing Skills Of Persuasion.