Detail Karya Ilmiah

  • PENGGUNAAN BAHASA PADA ANAK PENDERITA STEP BERDASARKAN TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK (STUDI KASUS NITA)
    Penulis : LAILYATUL MAHMUDAH
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati S.S., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ika Febriani S.S., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini membahas gangguan berbahasa dan pelafalan yang tidak jelas tentang penggunaan bahasa pada anak penderita step berdasarkan tinjauan psikolinguistik (studi kasus Nita). Terdapat tiga penggunaan bahasa yang dialami Nita dan tiga peran orang tua dalam melatih kemampuan berbicaranya. Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa dan peran orang tua yang terjadi pada penderita step. Berdasarkan penggunaan bahasa pada penderita step bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa dan peran orang tua dalam melatih kemampuan berbicara. Penelitian ini menggunakan kajian psikolinguistik adanya hubungan psikologi dan linguistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan analisis data berupa transkip. Data dalam penelitian ini berupa bahasa Nita. Sumber data dalam penelitian ini adalah Nita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, teknik catat, teknik dokumentasi, teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik padan. Hasil dari penelitian ini meliputi, 1) gangguan berbahasa akibat faktor lingual adanya sariawan, 2) gangguan berbahasa serampangan adanya berbicara cepat dan menelan suku kata saat menangis , 3) gangguan berbahasa gagap adanya pengulangan kata dan tersendat-sendat. Selanjutnya, terdapat peran orang tua dalam melatih kemampuan berbicara yaitu, 1) pemerolehan niat komunikatif adanya respon penolakan dan menanggapi, 2) pemerolehan kemampuan percakapan adanya kesesuaian pada struktur percakapan, 3) pengembangan piranti wacana adanya respon balik terhadap lawan tutur. Solusi yang dapat digunakan dalam pengguanaan bahasa pada penderita step dengan cara menyerahkan Nita pada tenaga ahli di bidang bahasa atau ahli bahasa yang dapat membantu dalam memperolehan bahasa Indonesia atau untuk peneliti berikutnya dapat digunakan sebagai acuan. Kata Kuci: Gangguan Berbahasa, Peran Orang tua, Psikolinguistik

    Abstraction

    ABSTRACT Abstract: This study discusses anguage disorders and obscure pronunciation the use of language in children with step based on a review of psycholinguisti (Nita study case). There were three uses of language experienced by Nita and three roles of parents in training their speaking skills. The main issue problem in this study was the use of language and the role of parents that occur in sufferers step. Based on the use of language in patients aims to described the use of language and the role of parents in practicing speaking skills. This study uses a psycholinguistic study of the relationship between psychology and linguistics. This study was a descriptive qualitative study that used data analysis in the form of transcripts. The data in this study was Nita's language. The data source in this study was Nita. Data collection technique that used were proficient involvement in listening technique, proficient listening technique, recording technique, note-taking techniqur, documentation technique and interview technique. The data analysis technique used matching technique. The results of this study include, 1) language disorders due to lingual factors with canker sores, 2) haphazard language disorders of speaking fast and swallowing syllables when crying, 3) stuttering language disorders with repetition of words and halting. Furthermore, there is the role of parents in practicing speaking skills, namely, 1) the acquisition of communicative intentions of rejection and response responses, 2) the acquisition of conversational abilities in conformity with the structure of conversation, 3) the development of discourse tools for the response to opponents. Solutions that can be used in language use on patients step was by submitting Nita to the experts in the field of language or linguists who may assist in acquiring Indonesian or the next researcher it can be used as a reference. Key Word: Language Disorders, Parents' Role, Psycholinguistics

Detail Jurnal