Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MEDIAWEBTOONTERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN KELAS XI DI MA MANBA’UL HIKAM TAHUN AJARAN 2018/2019Penulis : EVI PRATIWI YULIATINDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, M. PdDosen Pembimbing II :Abdul Rosid, M. PdAbstraksi
ABSTRAK Abstrak:Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Penerapan mediapembelajaran yangtepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pendidik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.Webtoon dijadikan sebagai media pembelajaran pada menulis teks cerpen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.Rumusan masalahdalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh mediawebtoonterhadap keterampilan menuliscerpen siswa kelas XI di MA Manba’ul Hikam?”.Media pembelajaran diartikan alat yang menyampaikan ataumengantarkan pesan-pesan pembelajaran.Webtoondapat diartikan sebagaiwebcomics, merupakan komik yangdidistribusikan lewat jaringan internet.Webtoonmerupakan komik khas yang berasal dari Korea Selatan yang dapatdibaca dalam satu strip panjang (satu halaman website) dan juga berwarna . Keterampilan Menulis merupakan suatuketrampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka.Jenis desain penelitian ini ialahTrue Experimental Desaign.Variabel dalam penelitian ini adalah mediapembelajaranwebtoondan keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA danIPS yang dipilih secara acak (Random). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, dan metode pengamatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan uji signifikasi (uji-t) diperoleh taraf (?) = 0,05 maka diperolehnilai hitung thitung>ttabel(2,312 > 2,024), Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikandalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan mediawebtoonpada siswa kelas XI MA Manba’ul Hikam. Kata Kunci:mediawebtoon,keterampilan menulis cerpen.
AbstractionABSTRACT Abstract:Writing skills is one of the language skills. theapplication of appropriate learning media is somethingthat must be considered by educators, so that learning objectives can be achieved. webtoon is used as a learningmedia in writing short story texts.. This study uses quantitative method. The Researchproblem in this study is “theinfluence of webtoon media toward skill of writing short story to XI grade students of MA Manba’ul Hikam?”. Learning media is a tool used to deliver the material of learning. Webtoon can be called as webcomics, that is acomicdistributed through internet network. Webtoon is a colorful comic that comes from South Korea and can beread in one website page. The ability of writing is a language ability used to communicate indirectly, not face toface. The research design in thisstudy uses True Experimental Design. The Variable in this study is learning mediaof webtoon and the skill of writing short story. The populations in this study are IPA and IPS XI grade students whoare selected by random. Technique of collecting data isconducted through test and observation method. The resultof this study shows that calculation of significant test (test-t) is gained level (?) = 0,05, thus it is gained tarithmetic>ttable(2,312 > 2,024), Ho is rejected and Ha is accepted. It shows that there is a significant influence in learning of writing short story by using webtoon media toward XI grade students of MA Manba’ul Hikam. Keywords :webtoon media, skill od writing short story.