Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUPENA ( BUKU PENDAMPING ANAK ) KELAS 4 TEMA 7 ( INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU ) SUB TEMA 2 ( INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU ) UPTD SDN KLAMPIS TIMUR
    Penulis : ROSA HILYATUL MILLA
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar “Bupena” untuk digunakan dalam pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 2 siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Klampis Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Four-D. Produk penelitian ini telah dilakukan validasi oleh para ahli dan telah dilakukan uji coba kelompok kecil serta kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kevalidan rata-rata dari validator yaitu 75,33% dengan kategori valid, (2) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji kelompok kecil sebesar 84% dengan kategori sangat menarik dan uji kelompok besar sebesar 84% dengan kategori sangat menarik, (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes tulis siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada kelompok kecil sebesar 100% dan kelompok besar sebesar 100%, berada pada kriteria yang tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar bupena layak digunakan pada pembelajaran tematik tema 7 Subtema 2 di UPTD SD Negeri Klampis Timur. Kata Kunci: Bahan Ajar Bupena Tema 7 Subtema 2 Keragaman Budaya Negeriku.

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to develop teaching materials "Bupena" to be used in thematic learning Theme 7 Subtheme 2 grade IV students in UPTD SD Negeri Klampis Timur. The method used in this study is the Four-D development research method. The product of this research has been validated by experts and has been tested by small groups and large groups. The results showed that: (1) The validity test results on average from the validator were 75.33% with a valid category, (2) The attractiveness test results based on students' responses to the small group test by 84% with the very interesting category and the large group test by 84% with a very interesting category, (3) The effectiveness test results based on the results of students' written tests with the percentage of classical learning completeness in small groups of 100% and large groups of 100%, are in high criteria. The conclusion of this research is that bupena teaching material is suitable for use in the thematic learning theme 7 Subtheme 2 at UPTD SD Negeri Klampis Timur. Keywords: Bupena Teaching Materials Theme 7 Subtheme 2 Cultural Diversity of My Country

Detail Jurnal