Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (KOMPENI) TEMA 8 SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V-A SEMESTER II SDN ASEMROWO SURABAYAPenulis : Mohamad Afifudin RismawanDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian pengembangaan ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Komik Nilai Karakter Peduli Lingkungan (KOMPENI) berdasarkan kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh 95,29%, ahli bahasa 82%, ahli media pembelajaran 92%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 73%. Persentase hasil validasi rata-rata memperoleh hasil 85% media pembelajaran dinyatakan dalam kategori sangat valid. Hasil kemenarikan pada uji coba pemakaian dari angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 93,66% media pembelajaran dinyatakan dalam kategori menarik. Hasil keefektifan dari tes hasil belajar siswa pada uji coba pemakaian memperoleh persentase sebesar 93,54% media pembelajaran dinyatakan dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Komik Nilai Karakter Peduli Lingkungan (KOMPENI) menarik dan sangat valid digunakan dalam pembelajaran pada tema 8 subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan pembelajaran I dan pembelajaran II kelas V-A SDN Asemrowo Surabaya. Kata Kunci : Media Pembelajaran Komik Nilai Karakter Peduli Lingkungan, model Borg and Gall adaptasi oleh Sugiyono.
AbstractionABSTRACT This study aims to develop Comic Learning Media The Value of Care Character For The Environment (KOMPENI) based on the validity, attractiveness and effectiveness. This development research uses the Borg and Gall research model that is adapted by Sugiyono. Validation results from material experts obtained 95.29%, linguists were 82%, learning media experts 92%, and learning design experts 73%. The percentage of average validation results obtained is 85% of learning media expressed in very valid categories. The results of attractiveness in the use trials of student response questionnaires obtained a percentage of 93.66% learning media expressed in attractive categories. The results of the effectiveness from the student learning outcomes test on the usage trial obtained is 93.54% of the learning media expressed in the very effective category. The conclusion of this study is that interesting and very valid, Comic Value Learning Environment Character (KOMPENI) learning media is used in learning on theme 8 of the sub-theme 3 Efforts to Preserve the Learning I and learning II class V-A Asemrowo Elementary School Surabaya. Keywords: Comic Learning Media Value of Caring Character, Borg and Gall model are adaptation by Sugiyono.