Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran PUBANTAR (Putar Bangun Datar) Dalam Pembelajaran Matematika Kelas III UPTD SD Negeri Batah Timur 3 Bangkalan
    Penulis : Siti Musdalifah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan materi sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PUBANTAR yang layak dari segi kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kevalidan rata-rata dari validator yaitu 85,8% dengan kategori sangat valid, (2) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji lapangan skala luas sebesar 95,1% dengan kategori sangat menarik, (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes tulis siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%, berada pada kriteria peningkatan hasil belajar pada tingkat yang tinggi, hasil penilaian observer aktivitas guru dan siswa masing-masing 90% dan 88% termasuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran PUBANTAR layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran PUBANTAR kemudian disebarkan dengan jumlah terbatas yaitu sebanyak satu buah ke UPTD SD Negeri Batah Barat 2, Bangkalan.

    Abstraction

    Learning media is a tool that is used as an intermediary to deliver material so as to facilitate the learning process. This study aims to develop learning media of PUBANTAR is validity, attractive and effective. The results of the study indicate that: (1) The results of validity average of trial from the validator of 85,8% each category are very validity, (2) The results of the attractiveness test are based on students' responses to wide-scale field tests of 95.1% with very attractive tudents'es, (3) The results of the effectiveness test based on the results of the student's written test with the percentage of classical learning completeness of 100%, are on the criteria for improving learning outcomes at a high level, the results of the observer assessment of teacher and student activities each 90% and 88% included in the very effective category. The conclusion of this study is that Two-dimentional figure play learning media is very feasible to use in the mathematics learning. Learning media of PUBANTAR are then distributed in a limited number, namely one product to UPTD SDN Batah Barat 2, Bangkalan.

Detail Jurnal