Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIT AIR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT – SIFAT AIR PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN KAMONENG BANGKALAN
    Penulis : Indra Prasetya Nugraha
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Nugraha, Indra Prasetya. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran KIT Air Pada Mata Pelajaran IPA Sifat – Sifat Air Pada Siswa Kelas IV. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd dan (II) Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran KIT Air, dan implementasi media pembelajaran KIT Air yang meliputi kemenarikan dan keefektifan media pembelajaran. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan model 4-D. Data hasil penelitian meliputi: 1) validitas media pembelajaran KIT Air dari para ahli memperoleh skor 87,10% dalam kategori sangat vaild. 2) Implementasi media pembelajaran meliputi kemenarikan media memperoleh skor 91,34% dalam kategori sangat menarik dan keefektifan media pembelajaran dari aktifitas siswa memperoleh skor 87,20% dalam kategori sangat efektif dan hasil belajar siswa memperoleh skor 88,23% dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV UPTD SDN Kamoneng, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KIT Air pada mata pelajaran IPA sifat – sifat air pada Siswa Kelas IV layak digunakan.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media KIT Air dapat digunakan dan memperoleh hasil yang sangat baik. Kata Kunci: Media KIT Air, Hasil Belajar Siswa

    Abstraction

    Nugraha, Indra Prasetya. 2019. Development of Learning Water KIT Media in Science Subjects Water Properties in Class IV Students. Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Trunojoyo Madura University. Advisor: (1) Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pdand (II) Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd. ABSTRACT This study aims to develop Water KIT learning media, and the implementation of Water KIT learning media which includes the attractiveness and effectiveness of learning media. This learning media was developed using a 4-D model. Data from the research include: 1) the validity of Water KIT learning media from experts obtaining a score of 87.10% in the very vail category. 2) Implementation of learning media includes media attractiveness obtaining a score of 91.34% in very interesting categories and the effectiveness of learning media from student activities obtaining a score of 87.20% in very effective categories and student learning outcomes gaining a score of 88.23% in a very effective category. Based on the results of research conducted in the fourth grade of UPTD in Kamoneng Elementary School, it can be concluded that Water KIT learning media in science subjects the properties of water in Class IV students are feasible to use. The conclusions from this study indicate that Water KIT media can be used and obtain very well. Keywords: Water KIT Media, Student Learning Outcomes

Detail Jurnal