Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Peran Guru Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPTD SDN BANYUAJUH 4 KAMAL
    Penulis : Iman Ari Firmanto
    Dosen Pembimbing I : Umi Hanik, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ana Naimatul Jannah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Firmanto, Iman Ari, 2019. Analisis Peran Guru Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II: Ana Naimatul Jennah S,Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan 10 siswa Kelas V. pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru kelas dalam metode pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran Matematika masih klasikal yaitu ceramah dan penugasan sehingga masih banyak peserta didik yang tidak aktif dan hanya sebagian saja yang aktif. Suasana kelas pun terasa pasif karena peserta didik hanya duduk dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Hanya beberapa peserta didik yang memiliki motivasi belajar, faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik, faktor–faktor tersebut dapat berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri, maupun berasal dari orang tua, guru, dan lingkungan, sedangkan usaha guru dalam membangkitkan motivasi belajar matematika dengan memberikan pujian, memberikan reward, memberikan tugas rumah (PR), memberikan ulangan, memberikan saingan atau kompetensi, menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasa pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras dengan mepertaruhkan harga diri, adalah salah satu bentuk motivasi yang cukup penting. Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Motivasi Belajar, Faktor dan Usaha dalam motivasi belajar

    Abstraction

    Firmanto, Iman Ari, 2019. Analysis of Teacher's Role in Motivating Students' Grades In Math Class V Subjects UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, University Trunojoyo. Supervisor I: Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. and Supervising II: Ana Naimatul Jennah S, Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to determine the role of class teachers in motivating students ' learning in class V mathematics at the UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. The study uses a qualitative descriptive approach. The subject of this study is teacher grade V and 10 grade V students. Data collection is done by interview techniques, observations, and documentation. The results showed that the class teacher's role in learning methods conducted on mathematics is still classical, lectures and assignments so that many learners are inactive and only partially active. The classroom atmosphere was passive because the learners just sat and listened to what the teacher had delivered. Just a few learners who have motivational learning, factors that can affect the motivation of learning learners, factors can come from within the learners themselves, or from parents, teachers, and the environment, While the teacher's effort in stimulating the motivation to learn mathematics by giving praise, giving rewards, giving homework (PR), giving replay, giving rivals or competencies, raising awareness to students to feel The importance of the task and accept it as a challenge so that it works hard with self-esteem, is one form of motivation that is quite important. Keywords: Class teacher roles, learning motivation, factors and effort in motivational learning

Detail Jurnal