Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA REL KERETA API BILANGAN KELAS II UPTD SD NEGERI KELEYAN 1
    Penulis : ERWAN NUR ANGGARA
    Dosen Pembimbing I : UMI HANIK, S.Pd. M.Pd
    Dosen Pembimbing II :NILAMSARI DAMAYANTI FAJRIN, S.Pd. M.Pd
    Abstraksi

    Berhitung dasar merupakan salah satu materi pokok di sekolah dasar yang masih menjadi "momok" bagi siswa, karena dianggap sulit. Salah satu hal yang menyulitkan dalam pembelajaran perkalian ini adalah adanya tuntutan untuk menghafal dari perkalian setiap angka, bukan untuk memahami konsep cara perkalian itu dilakukan. Maka dari itu dalam proses pembelajaran perlu adanya media yang dapat memudahkan siswa dalam menerima informasi atau materi pelajaran secara konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media Rel Kereta Api Bilangan yang valid, efektif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan 10 tahapan pengembangan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk tahap ahir (10) produksi masal. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran Rel Kereta Api Bilangan Kelas II UPTD SDN Keleyan 1. Kevalidan media dinyatakan valid oleh ahli validasi secara keseluruhan memperoleh 95,10%. Hasil belajar siswa 88% tuntas sehingga dapat dinyatakan bahwa media Rel Kereta Api Bilangan sangat efektif diterapkan pada pembelajaran. Media yang dikembangkan juga memperoleh respon sangat menarik dari 25 siswa pada uji coba pemakaian dengan memperoleh 96%. Kata kunci: Perkalian, Pengembangan Media, Media Rel Kereta Api Bilangan.

    Abstraction

    Basic arithmetic is one of the basic material in elementary schools that is still a "scourge" for students, because it is considered difficult. One of the things that makes it difficult in learning multiplication is the demand to memorize the multiplication of each number, not to understand the concept of how it is done. Therefore in the learning process there is a need for media that can facilitate students in receiving concrete information or subject matter. This study aims to develop products in the form of media of Railroad Numbers that are valid, effective and attractive. This study uses the Research and Development method with 10 stages of development, namely (1) potential and problems (2) data collection (3) product design (4) design validation (5) design revision (6) product trial (7) product revision (7) 8) trial use (9) final product revision (10) mass production. Pengembangan Media Rel Kereta Api Bilangan Kelas II UPTD SDN Keleyan 1. The validity of the media declared valid by the validation expert as a whole gained 95.10%. 88% student learning outcomes are complete so it can be stated that the Railroad Numbers media is very effectively applied to learning. The developed media also received a very interesting response from 25 students in the trial use by obtaining 96%. Keywords: Multiplication, Media Development, Media Rel Kereta Api Bilangan.

Detail Jurnal