Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan media pembelajaran pop up jenaka (jenis-jenis makanan khas madura) tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 kelas 4
    Penulis : Sibro Mulisi
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.si
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up jenaka (jenis-jenis makanan khas madura) tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV yang valid, efektif dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba kevalidan dari validator yaitu ahli media pembelajaran 88%, ahli desain pembelajaran 74%, dan ahli materi pembelajaran 90% dengan kategori ahli media dan ahli materi sangat valid, dan ahli desain pembelajaran valid (2) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji coba produk sebesar 91% dan uji pemakaian sebesar 90% dengan kategori sangat menarik, (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes tulis siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95%, berada pada kriteria peningkatan hasil belajar pada tingkat yang tinggi, termasuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran sangat valid digunakan pada pembelajaran tematik Pop Up jenaka (jenis-jenis makanan khas madura) tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV UPTD SD Negeri Patereman 2 Kata Kunci: Media Pop Up jenaka (jenis-jenis makanan khas madura), tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this research to develop learning media Pop Up Jenaka (types of typical of Madura) theme 1 subtheme 3 learning 1 class IV valid, effective, and interesting. The results of the research show that: (1) validity test results of the learning media expert validator is 88%, learning design expert 74%, and learning materials expert 90% with the category of media experts and material experts is very valid, and learning design expert is valid. (2) attractiveness test results based on student responses in product trials of 91%, and usage test 90% with very interesting category, (3) effectiveness test results based on students written test results with percentage of mastery learning classical of 95%, are on the criteria improved learning outcomes at a high level, included in very effective category. The conclusion of this research is learning media very valid used in thematic learning Pop Up Jenaka (types of food typical of Madura) theme 1 subtheme 3 learning 1 class IV UPTD Public Elementary School Patereman 2. Key Words: Media Pop Up Jenaka (types of typical of Madura), theme 1 subtheme 3 learning 1 class IV.

Detail Jurnal