Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Komo (Kotak Monopoli) Materi Kegiatan Ekonomi dan Bidang Pekerjaan Kelas IV Di UPTD SDN Polagan I Kecamatan Galis
    Penulis : Widya Sugiarti
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Komo (Kotak Monopoli) Kegiatan Ekonomi dan Bidang pekerjaan siswa kelas IV yang valid, menarik dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Brog and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba kevalidan dari validator yaitu ahli materi 88% dengan kriteria sangat valid, ahli desain pembelajaran 82% dengan kriteria valid, ahli media pembelajaran 84% dengan kriteria valid serta validasi gabungan memperoleh rata-rata hasil kevalidan sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. (2) hasil uji keefektifan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran pada uji pemakaian aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas siswa 86%, hasil tes tulis siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89% berada pada kriteria efektif (3) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa 97%. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran valid digunakan pada pembelajaran Kegiatan Ekonomi dan Hubungan dengan Bidang Pekerjaan Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4 Kelas IV di SDN Polagan I Kecamatan Galis. Kata Kunci: Media Komo Kotak Monopoli, pembelajaran IPS, siswa kelas IV SD.

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to develop Komo learning media (Box of Monopoly) for the economic activities and the relations with the fields of the fourth grade students valid, interesting and effective. This development research uses a Borg and Gall model modified by Sugiyono. This result showed that: (1) the validity test result from this validator were 88%, material experts with very valid criteria, 82% learning design experts with valid criteria, 84% learning media experts with valid criteria and the combined validation obtained an average validity result of 85% with very valid criteria. (2) effectiveness test results based on the implementation of learning in the test use of teacher activity as count as 100% and student activity 86% with student written test result with a precentage of classical completeness of 89% on effective criteria, (3) attractiveness test result based on student responses 97%,. The conclusion of this study is the valid learning of the economic activities and the relation with the fields of job of forth grade at UPTD SDN Polagan I Sub-district Galis. Keywords: Komo Media Box of Monopoly, social sciences studies learning, forth grade student in elementary school.

Detail Jurnal