Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media KORAN (Komik Pembelajaran) Kelas IV Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4 di SDN Montok 1 Pamekasan
    Penulis : Ina Nurlina
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran dilatar belakangi dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang disediakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media KORAN (Komik Pembelajaran) untuk digunakan dalam pembelajaran Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4 siswa kelas IV yang valid, efektif dan menarik. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validasi ahli materi sebesar 88% dengan kriteria sangat valid. Hasil persentase ahli bahasa sebesar 74% dengan kriteria valid. Hasil persentase ahli media sebesar 82% dengan kriteria valid. Presentase Ahli desain pembelajaran sebesar 82% dengan kriteria valid. Keefektifan dilihat dari hasil aktivitas guru sebesar 89,20% dengan kriteria aktif dan aktivitas siswa 85,30% dengan kriteria aktif, serta hasil belajar sebesar 95,10% dengan kriteria tuntas dan angket respon siswa sebesar 94,28% dengan kriteria menarik. Berdasarkan dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media KORAN dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4 siswa kelas IV di SDN Montok 1 Pamekasan. Kata Kunci: Media KORAN (Komik Pembelajaran), pembelajaran IPS, siswa kelas IV SD.

    Abstraction

    ABSTRACT The development of learning media is motivated by the lack of use of learning media provided in schools. This study aims to develop KORAN media (Learning Comics) to be used in learning Theme 7 Sub-Theme 1 Learning 3 and 4 grade IV students are valid, effective and interesting. The model used in this study is the development model of Borg and Gall. The results showed that the percentage of material expert validation was 88% with very valid criteria. The results of the percentage of linguists amounted to 74% with valid criteria. The results of the percentage of media experts amounted to 82% with valid criteria. Percentage of learning design experts by 82% with valid criteria. Effectiveness seen from the results of teacher activity amounted to 89.20% with good criteria and 85.30% student activity with good criteria, and learning outcomes of 95.10% with the criteria completed and student responses questionnaire of 94.28% with very interesting criteria. Based on these results, it can be concluded that the KORAN media can be used as learning media in Theme 7 of Sub-Theme 1 Learning 3 and 4 fourth grade students at SDN Montok 1 Pamekasan Keywords: KORAN Media (Learning Comics), Social Studies learning, grade IV students

Detail Jurnal