Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Ensiklopedia Bumi dan Alam Semesta Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Montok 1 PamekasanPenulis : Yenny Dwi KurniawatiDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Penelitian pengembangaan ini bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedia Bumi dan Alam Semesta berdasarkan kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh 88%, ahli bahasa 86%, ahli media pembelajaran 77%, dan ahli desain pembelajaran 92%. Persentase hasil validasi gabungan memperoleh hasil 85,75% Ensiklopedia Bumi dan Alam Semesta dinyatakan dalam kategori sangat valid. Hasil kemenarikan pada uji coba kelompk besar dari angket respon siswa memperoleh persentase 95,76% Ensiklopedia Bumi dan Alam Semesta dinyatakan dalam kategori menarik. Hasil keefektifan dari lembar observasi guru memperoleh skor 85,03%, lembar observasi siswa 92,30%, tes hasil belajar siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh persentase 94,23% Ensiklopedia Bumi dan Alam Semesta dinyatakan dalam kategori efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ensiklopedia Bumi dan Alam Semesta valid, menarik dan efektif digunakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Bumi dan Alam Semesta SDN Montok I Pamekasan. Kata Kunci: Ensiklopedia Bumi dan Alam Semesta, model 4D oleh Thiagarajan
AbstractionABSTRACT This development research aims to develop the Encyclopedia of the Earth and the Universe based on validity, attractiveness and effectiveness. This development study uses a 4D model by Thiagarajan. The validation results from material experts obtained 88%, 86% linguists, 77% learning media experts, and 92% learning design experts. The percentage of combined validation results obtained 85.75% of the Encyclopedia of Earth and Universe expressed in very valid categories. The results of attractiveness in large group trials of student response questionnaires obtained a percentage of 95.76% of the Encyclopedia of Earth and the Universe expressed in attractive categories. The results of the effectiveness of the teacher observation sheet obtained a score of 85.03%, the student observation sheet 92.30%, the test of student learning outcomes in large group trials obtained a percentage of 94.23%. The encyclopedia of the Earth and the Universe was stated in the effective category. The conclusion of this study is that the Encyclopedia of Earth and the Universe is valid, interesting and effective for use in the subjects of Natural Sciences, the material of the Earth and the Universe in SDN Montok I Pamekasan. Keywords: Encyclopedia of Earth and Universe, 4D model by Thiagarajan.