Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Kubangga (Suku Bangsa Dan Agama) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV UPTD SDN Sukolilo timur 1 BangkalanPenulis : Samiatun ArianiDosen Pembimbing I : Mujtahidin S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Kubangga” untuk digunakan dalam pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Sukolilo Timur 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Four-D. Produk penelitian ini telah dilakukan validasi oleh para ahli dan telah dilakukan uji coba kelompok kecil serta kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kevalidan rata-rata dari validator yaitu 82,25% dengan kategori valid, (2) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji kelompok kecil sebesar 83% dengan kategori menarik dan uji kelompok besar sebesar 95,7% dengan kategori sangat menarik, (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes tulis siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada kelompok kecil sebesar 100% dan kelompok besar sebesar 96%, berada pada kriteria yang tinggi, hasil penilaian observer aktivitas guru dan siswa masing-masing 94% dan 85,5%, serta pada kelompok besar sebesar 98% dan 81,8% termasuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Kubangga layak digunakan pada pembelajaran tematik tema 7 Subtema 1 di UPTD SD Negeri Sukolilo Timur 1.
AbstractionThis study aims to develop learning media "Kubangga" to be used in thematic learning Theme 7 Subtheme 1 of fourth grade students in UPTD East Sukolilo Elementary School 1. The method used in this study is the Four-D development research method. The product of this research has been validated by experts who have been tried-out small groups and large groups. The results showed that: (1) The average validity test results from the validator were 82.25% with valid categories, (2) the results of the attractiveness based on the students' responses to the small group test were 83% with the interesting category and large group test of 95,7% with very interesting categories, (3) the results of effectiveness based on the results of students' written tests with the percentage of classical learning completeness in small groups of 100% and large groups by 96%, on high criteria, observer assessment results of teacher and student activities respectively 94% and 85.5%, and in the large group at 98% and 81.8% included in the very effective category. The conclusion of this study is that Kubangga learning media is feasible to be used in theme 7 thematic learning Subtheme 1 in UPTD East Sukolilo Elementary School 1.