Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran F.L.O.P Book Pada Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3 UPTD SD Negeri Socah 2 Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Gesang Gegana P.W
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana,S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran F.L.O.P Book yang valid, efektif, dan menarik pada Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3. Subjek coba pada penelitian adalah siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Socah 2 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) persentase tingkat kevalidan media adalah sebesar 84,75% dengan kategori sangat valid, (2) tingkat keefektifan media berada pada kategori efektif yang dilihat dari hasil persentase lembar observasi aktivitas guru sebesar 90%, hasil persentase lembar observasi aktivitas siswa sebesar 87,7%, dan ketuntasan belajar klasial sebesar 85%. (3) persentase kemenarikan media yang dilihat dari hasil angket respon siswa adalah sebesar 87,05% yang berada pada kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran F.L.O.P Book valid, efektif, dan menarik digunakan dalam pembelajaran. . Kata kunci: Media pembelajaran F.L.O.P Book, pembelajaran tematik,

    Abstraction

    The purpose of this research to develop F.L.O.P BOOK Learning Media which valid, effective, and interesting, on theme 9 Sub-themes 3 learning 3. The subject in this research is 4 grade student in UPTD SD Negeri 2 Socah Bangkalan. This research is a development research with use development model 4D. the result of development research is show that: (1) percentage of level validity media as big as 84,75% with category very valid. (2) level of effectiviness media be on category effective which be looked from the percentage result of sheet observation teacher activity as big as 90%, the percentage result sheet observation student activity as big as 87,7% and the completeness of classical study as big as 85% (3) percentage of media ultractiveness which be looked from the result of the student response questionnaire is as big as 87,05% be on category very interesting. Based on the result of research, can be concluded that F.L.O.P BOOK Learning Media which valid, effective, and interesting. Keyword : Learning media, F.L.O.P Book, Thematic Learning

Detail Jurnal