Detail Karya Ilmiah

  • IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN TRADISIONAL BOINAN (Studi kualitatif di SDN Gedangan I Jombang)
    Penulis : Putri Wulansari
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Wulansari, Putri. 2019. Analisis Nilai Karakter yang Dapat Terbentuk Melalui Permainan Tradisional Boinan (Studi Kualitatif di SDN Gedangan I Jombang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbimg I: Mujtahidin, S. Pd., M. Pd. Pembimbing II: Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M. Pd. ABSTRAK Hal yang paling ditekankan dalam dunia pendidikan yakni perubahan perilaku individu ke arah yang lebih baik. Pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini, karena pada usia tersebut sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya. Penanaman nilai karakter pada anak dapat dilakukan dengan memasuki dunia anak. nilai karakter dapat diperoleh dari kegiatan yang dilakukan anak seperti halnya sebuah contoh jika nilai karakter dapat diambil dari permainan tradisional yang dilakukan oleh anak-anak. salah satunya yakni permainan tradisional boinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter yang terdapat dalam permainan tradisional boinan. Lokasi penelitian di SDN Gedangan I Jombang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 7 orang dan guru kelas V. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Karakter yang terbentuk dalam permainan tradisional boinan yaitu: bersahabat/komunikatif, demokratis, kreatif, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, jujur, cinta damai, dan menghargai prestasi. Kata kunci: permainan tradisional, boinan, nilai karakter.

    Abstraction

    Wulansari, Putri. 2019. Analysis of Character Values formed Through Boinan Traditional Game (a Qualitative study in SDN Gedangan I Jombang). Thesis, Elementary school teacher educationn Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mujtahidin, S. Pd., M. Pd. Advisor II: Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M. Pd. ABSTRACT The most emphasized thing in education is trasnformation in individual behavior to the better sides. Character education needs to be embedded early on, because in that age will determine the child's ability to develop their potential. Impose character values in children can be done by entering children’s world. Character values can be obtained from activities that do by children itself as well as an example if character values can be taken from traditional games performed by children. One of them is the traditional game, boinan. This study aims to describe the value of characters found in the traditional game of boinan. The location of the study was at SDN Gedangan I Jombang. The method used is descriptive qualitative, data collection is done by observation, interviews and documentation. The informants in this study were 7 students in grade V and teacher. The validity of the data was tested using triangulation techniques. The characters formed in the traditional boinan game are: friendly/communicative, democratic, creative, disciplined, responsible, hard working, honest, peace-loving, and rewarding achievement. Keywords: traditional game, boinan, character values.

Detail Jurnal