Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013 di UPTD SDN 1 Tambakrejo
    Penulis : Eni Lestari
    Dosen Pembimbing I : Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Nilamsari Damayanti F., S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 di SDN 1 Tambakrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian dengan mendeskripsikan dan menganalisis informasi berdasarkan fakta dan keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian dilakukan pada saat penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Milles and Huberman sementara uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah sudah cukup baik, hal ini diketahui dari beberapa temuan yaitu dari faktor pendidik yang berkualitas, persiapan yang dilakukan oleh pendidik salah satunya pendidik aktif mengikuti pelatihan sehingga menambah tingkat kekreatifan pendidik, kemampuan peserta didik, sarana prasarana, namun, untuk alat peraga dan media pembalajaran yang masih kurang. Selain itu sekolah ini juga rutin mengadakan evaluasi implementasi pembelajaran matematika kurikulum 2013 untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan implementasi pembelajaran metematika pada kurikulum 2013. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Matematika, Kurikulum 2013.

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to determine the implementation of mathematics learning in the 2013 curriculum at SDN 1 Tambakrejo. This research is a descriptive qualitative research, a research by describing and analyzing information based on facts and actual conditions at the time the research was conducted at the time the research was conducted with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques in this study used Milles and Huberman data analysis models while testing the validity of research data using triangulation of techniques and sources. The results showed that learning mathematics curriculum 2013 which was applied in schools was quite good, it was known from several findings namely from the factors of quality educators, preparations made by educators one of whom was an active educator in training so as to increase the level of creativity of educators , the ability of students, infrastructure, however, is lacking for teaching aids and learning media. In addition, this school also routinely conducts an evaluation of the implementation of mathematics learning curriculum in 2013 to determine the level of success in implementing the implementation of mathematics learning in the 2013 curriculum. Keywords: Implementation, Mathematics Learning, 2013 Curriculum.

Detail Jurnal