Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Bahan Ajar Komik Anti Korupsi Pada Siswa Kelas V SDN Sambungrejo SidoarjoPenulis : Elizah Setia WahyuniDosen Pembimbing I : Mujtahidin,S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Wahyuni, Elizah Setia. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Komik Anti Korupsi Pada Kelas V SDN Sambungrejo Sidoarjo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar komik anti korupsi pada siswa kelas V SDN Sambungrejo Sidoarjo. Tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah tahapan model 4D dari Thiagarajann yang di adaptasi Mulyatiningsih. Produk hasil pengembangan bahan ajar komik anti korupsi dinyatakan valid dari hasil validasi ahli media 76%, ahli bahasa 84%, ahli materi 64% dan ahli desain pembelajaran 80%. Dikatakan sangat menarik dari angket respon siswa uji coba kelompok kecil dihasilkan 91% dan uji coba kelompok besar dihasilkan 88%. Dikatakan sangat efektif ditinjau dari hasil belajar siswa berupa soal evaluasi pada uji coba kelompok kecil dihasilkan 100% dan uji coba kelompok besar dihasilkan 100%. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut maka bahan ajar komik anti korupsi berada pada kriteria valid, sangat menarik dan sangat efektif pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 SDN Sambungrejo. Kata kunci: Bahan Ajar, Komik, Anti Korupsi, siswa kelas V
AbstractionWahyuni, Elizah Setia. 2020. Development of Anti Corruption Comic Teaching Material in Class V SDN Connectrejo Sidoarjo. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. Advisor II: Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to find develop anti-corruption comic teaching materials for fifth grade students of SDN Sambungrejo Sidoarjo. The stages used in this research development are the 4D model stages from Thiagarajann which was adapted by Mulyatiningsih. The products resulting from the development of anti-corruption comic teaching materials were declared valid from the results of the validation of media experts 76%, linguists 84%, material experts 64% and learning design experts 80%. It is said to be very interesting from the questionnaire responses of small group trial students generated 91% and large group trials generated 88%. It is said to be very effective in terms of student learning outcomes in the form of evaluation questions on small group trials produced 100% and large group trials produced 100%. Based on the results of these developments the anti-corruption comic teaching materials are valid, very interesting and very effective in thematic learning theme 7 subtheme 3 learning 3 SDN Sambungrejo. Keywords: teaching materials, comics, and anti-corruption