Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Multimedia Interaktif Energi dan Perubahannya Pada Subtema 6 Perubahan Energi Pembelajaran 2 Kelas III SDN Gubeng 1 Surabaya
    Penulis : Novita Arum Mandasari
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kemenarikan multimedia interaktif energi dan perubahannya untuk siswa kelas III pada subtema 6 perubahan energi pembelajaran 2 di SDN Gubeng I Surabaya. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Kevalidan multimedia interaktif energi dan perubahannya diperoleh dari validator ahli sebesar 89,1% (sangat valid). Keefektifan multimedia interaktif energi dan perubahannya diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru 88% (sangat baik), lembar observasi aktivitas siswa 85,8% (sangat baik), dan ketuntasan klasikal hasil belajar 93,33% (28 siswa tuntas dan 2 tidak tuntas) sehingga keefektifan multimedia interaktif (efektif). Kemenarikan multimedia interaktif energi dan perubahannya diperoleh dari angket respon siswa sebesar 93,75% (sangat menarik). Hasil penelitian dan pengembangan multimedia interaktif energi dan perubahannya menunjukkan kriteria sangat valid, sangat efektif, dan sangat menarik sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SDN Gubeng I Surabaya.

    Abstraction

    The aim of this study and the development is to understanding the validity, the effectiveness, and the attractiveness of interactive multimedia energy and its changes to students 3rd class at subtheme 6 the changes of education energy 2 in SDN Gubeng I Surabaya. Model of this research and this development is using model of Borg and Gall that modified by Sugiyono they are: (1) identification problem, (2) collecting of data, (3) design product, (4) design validity, (5) design revision, (6) trial product, (7) product revision, (8) trial usage, (9) product revision, (10) mass production. The validity of interactive multimedia energy and its changes obtained from validator expert as 89,1% (very valid). The effectiveness of interactive multimedia energy and its changes obtained from paper observation of teacher’s activity 88% (very good), paper observation of student’s activity 85,8% (very good), and classical completeness result of study 93,33% (28 student has complete and 2 has not complete) so that the effectiveness of multimedia interactive (very effective). The attractiveness of interactive multimedia energy and its changes obtained from questionnaire of student respond as 93,75% (attractive). The result of this study and the development of interactive multimedia energy and its changes refer to very valid criteria, very effective, and very attractive so that can used as media education in SDN Gubeng I Surabaya.

Detail Jurnal