Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan media pembelajaran kotak diagram mata pelajaran matematika siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Kraton 1 Bangkalan
    Penulis : Errika Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Wulandari, Errika. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Diagram Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV di UPTD SD Negeri Kraton 1 Bangkalan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura.Pembimbing I: Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si.. Pembimbing II: Fachrur Rozie, S. Pd., M. Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kotak diagram yang layak, efektif, dan menarik pada pembelajaran matematika kelas IV di UPTD SD Negeri Kraton 1 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) persentase tingkat kelayakan media adalah sebesar 88,68% dengan kategori sangat layak untuk digunakan yang diperoleh dari rata – rata persentase gabungan dari ahli media sebesar 92%, ahli desain sebesar 86%, dan ahli materi sebesar 88%. (2) tingkat keefektifan media berada pada kategori efektif yang dilihat dari hasil persentase lembar observasi aktivitas guru sebesar 95%, hasil persentase lembar observasi aktivitas siswa sebesar 87,7%, dan ketuntasan klasial sebesar 88,46%. (3) persentase kemenarikan media yang dilihat dari hasil angket respon siswa adalah sebesar 90,25% yang berada pada kategori sangat menarik. . Kata kunci: Media pembelajaran kotak diagram, penyajian data, pembelajaran matematika .

    Abstraction

    Wulandari, Errika. 2019. Development of Learning Media Box Mathematics Subject Diagram of Class IV Students at UPTD Kraton 1 Bangkalan Elementary School. Essay. Study Program for Primary School Teacher Education, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mohammad EdyNurtamam, S. Pd., M. Si .. Advisor II: FachrurRozie, S. Pd., M. Pd. ABSTRACK This study aims to develop a decent, effective, and interesting box diagram learning media in the fourth grade mathematics learning at the UPTD in Kraton 1 Bangkalan Elementary School. This research is a development research using the development model of Borg and Gall. The results of this development study show that: (1) the percentage of the level of media feasibility is 88.68% with a very feasible category to be used which is obtained from the average combined percentage of media experts by 92%, design experts by 86%, and experts material by 88%. (2) the effectiveness of the media is in the effective category seen from the results of the percentage of teacher activity observation sheets of 95%, the results of the percentage of observation sheets of student activities amounted to 87.7%, and clarity completeness of 88.46%. (3) the percentage of media attractiveness seen from the results of student questionnaire responses is 90.25% which is in the very attractive category. Keywords: Media diagram box learning, data presentation, mathematics learning.

Detail Jurnal