Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III UPTD SDN DATINAWONG LAMONGAN
    Penulis : SITI NGATIROH
    Dosen Pembimbing I : MOHAMMAD EDY NURTAMAM, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :UMI HANIK, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Exsperimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III UPTD SDN Datinawong dengan jumlah siswa 32. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, karena semua anggota populasi dijadikan sampel. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran matematika pada kelas III UPTD SDN Datinawong Lamongan. Nilai rata-rata data pottest kelas eksperimen sebesar 79,688 dan kelas kontrol sebesar 68,438. Sedangkan rata-rata angket sesudah pembelajaran kelas eksperimen sebesar 50,375 dan kelas kontrol sebesar 42,813. Berdasarkan hasil uji komparatif (uji-t) tes hasil belajar, maka diperoleh hasil data posttest nilai thitung sebesar 2,753 > ttabel sebesar 2,042, hal ini berarti Ho ditolak. Sedangkan hasil uji komparatif untuk data angket sesudah pembelajaran diperoleh nilai thtung sebesar 4,995 > ttabel sebesar 2,042, hal ini artinya Ho ditolak. Berdasarkan perbedaan rata-rata nilai tes hasil belajar dan angket motivasi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran matematika kelas III UPTD SDN Datinawong Lamongan.

    Abstraction

    This is quantitative research with the Quasi Experimental Desing. This study is held in third class UPTD SDN Datinawong with 32 students. In taking of “sampel jenuh (saturated sampel)”. The purpose of this study is to find out the influence of cooperative model with TAI type toward in learning result and student motivation in mathematic learning of third class UPTD SDN Datinawong Lamongan. The average score of posttest data in class experiment is around 79,688 and control class around 68,438, where as the average score of questionare test after class learning experiment is around 50,375 and control class around 42,813. According to the result of cooperative test (uji-t) of learning result. The result of posttest data with score thitung is around 2,753 > ttabel around 2,042, from these result can be concluded of cooperative test for questionare data after learning the score thitung is around 4,995 > ttabel around 2,042. In this case, Ho is rejected basedon the differences average score of test learning result and questionare student motivation, there are it can be conclude that larning using cooperative model with TAI type bring the effect to learning result and student motivation in mathematic learning of third class UPTD SDN Datinawong Lamongan.

Detail Jurnal