Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS GANGGUAN CADEL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI UPTD SDN BULUH 2 SOCAH (STUDI KASUS)
    Penulis : MASHUDI MUSA JANUR
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN, S. Pd., M. Pd.
    Dosen Pembimbing II :RIKA WULANDARI, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Cadel adalah suatu kondisi yang membatasi gerak lidah sehingga tidak dapat mengujarkan fonem tertentu. Penelitian ini membahas tentang salah satu siswa SD Kelas VI yang tidak dapat mengujarkan ‘r’ dengan benar. Siswa tersebut dipanggil ‘FT’. Pada umurnya yang sudah 11 tahun berjalan ‘FT’ tidak dapat mengujarkan ‘r’ dengan benar. Berdasarkan keterangan lebih lanjut ‘FT’ mengalami cadel karena lidah dasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab ‘FT’ tidak dapat mengujarkan ‘r’ dengan benar dan mengetahui gangguan yang ditimbulkan cadel terhadap kemampuan berbicara Bahasa indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Studi kasus tunggal pada subjek ‘FT’. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode simak. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ‘FT’ mengalami gangguan pada frenulum linguae disebabkan faktor genetik dan kurangnya latihan pengujaran. Gangguan cadel mengakibatkan ‘FT’ sulit dalam mengekspresikan secara komunikatif melalui bicaranya. Kata Kunci: Cadel, fonem, frenulum linguae, lidah dasi.

    Abstraction

    Slurred is a condition that restricts motion of tongue as a result it cannot pronounce certain phonemes. This study discusses about one of fifth grade elementary school students who cannot say 'r' correctly. Student is called ‘FT’. At the age of 11, "FT" cannot properly say "r". Based on further information, 'FT' experiencing slurred because of a tie tongue. The purpose of this study was to find out reason of 'FT' not being able to say 'r' correctly and to know disturbance because of slurred disorders toward speak Indonesian language ability. This approach was used a qualitative research with a single case study on 'FT' subject. The method used in collecting data was listening method. Triangulation was used data source triangulation. Results showed that 'FT' had a disturbance in the frenulum linguae due to genetic factors and lack of pronouncing practice. Slurred disorder makes it difficult for “FT” to express communicatively through his speech. Keywords: Slurred, phonemes, frenulum linguae, tongue tie.

Detail Jurnal