Detail Karya Ilmiah

  • Bentuk Perhatian Orang Tua dan Wali Terhadap Perilaku Sosial Siswa di UPTD SD Negeri Tanjungjati 1 Kamal Bangkalan
    Penulis : Siti Nur Cholifah Arum Ningsih
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perhatian yang diterapkan oleh orang tua dan wali siswa, perilaku sosial siswa yang ditinggal bekerja sebagai TKI/TKW di UPTD SD Negeri Tanjungjati 1. Lokasi penelitian di UPTD SD Negeri Tanjungjati 1 Kamal Bangkalan. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini yaitu siswa, orang tua, dan guru kelas yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu siswa yang memiliki orang tua (ibu) yang menjadi TKW/TKI tinggal bersama dengan orang tua laki laki (ayah) dan walinya yaitu kakek dan nenek. Dalam keseharian siswa, perhatian orang tua dapat dilakukan oleh orang tuanya sendiri dan juga dapat dipercayakan kepada sanak saudara atau yang menjadi wali siswa. Bentuk perhatian yang dapat diberikan oleh orang tua (ayah) dan wali yaitu memberikan bimbingan, memberikan nasihat, memberikan pengawasan, memberikan penghargaan dan memenuhi kebutuhan anak. Sedangkan perhatian orang tua yang diberikan oleh orang tua (ibu) yaitu memenuhi kebutuhan anak. Karena anak hidup di lingkungan masyarakat, maka akan melakukan interaksi dan perilaku yang dimunculkan saat berinteraksi yaitu perilaku sosial positif dan perilaku sosial negatif. Perilaku sosial positif meliputi pemberani secara sosial, patuh, mandiri, bergaul, rama, dan suka bekerjasama, sedangkan perilaku sosial negarif yang muncul yaitu agresi.

    Abstraction

    The result of the research is how the forms of attention applied by parents and guardians of students, social behavior of students who are left working as migrant workers in UPTD SD Negeri Tanjungjati 1. Location of research at UPTD SDN Tanjungjati 1, District Kamal of Bangkalan regency. The approach used is qualitative with the type of case study using observation and interview data collection methods. Informants in this study were students, parents, and classroom teacher amounting to twelve people. Test the validity of the data using triangulation techniques and sources. Data analysis techniques use the steps of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results obtained are students who have parents (mothers) who become migrant workers live together with male parents (fathers) and guardians of grandparents. In the daily lives of students, the attention of parents can be done by their own parents and can also be entrusted to relatives or guardians of students. The form of attention that can be given by parents (fathers) and guardians is to giving guidance, giving advice, giving supervision, and fullfil the needs of children. While the attention of parents given by parents (mothers) is to fullfil the needs of children. Because children live in the community, it will interact and behaviors that arise when interacting, namely positive social behavior and negative social behavior. Positive social behavior includes courageous socially, obedient, independent, sociable, friendly, and cooperative, while negative social behavior that arises is aggression.

Detail Jurnal