Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Keragaman Budaya Di Negeriku Tema 7 Subtema 2 Kelas IV UPTD SD Negeri Bancaran 1 Bangkalan
    Penulis : Fian Arifian Syah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Scrapbook Keragaman Budaya di Negerku untuk digunakan dalam pembelajaran Tema 7 Subtema 2 siswa kelas IV yang valid, efektif dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba kevalidan dari validator yaitu ahli media pembelajaran 92%, ahli desain pembelajaran 95%, ahli materi pembelajaran 92% dan ahli bahasa 73% dengan kategori masing-masing sangat valid, (2) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji coba lapangan sebesar 89% dan uji lapangan sebesar 93% dengan kategori sangat menarik, (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes tulis siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 96%, berada pada kriteria peningkatan hasil belajar pada tingkat yang tinggi, hasil penilaian observer aktivitas guru dan siswa masing-masing 90% dan 88% termasuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran sangat valid, efektif dan menarik sehingga dapat digunakan pada pembelajaran tematik Keragaman Budaya di Negeriku Tema 7 Subtema 2 Kelas IV UPTD SD Negeri Bancaran 1, Bangkalan.

    Abstraction

    This study aims to develop learning media of Scrapbook of Cultural diversity of my country Theme 7 Subtema 2 fourth class IV to valid, effective and attractive. The results of the study indicate that:(1) The results of the feasibility trial from the validator are 92% learning media experts, 95% learning design experts, 92% learning material experts and 73% linguists with each category very valid, (2) The results of the attractiveness test is based on the student's response to the field trial of 89% and the field test is 93% with very interesting categories, (3) The results of the effectiveness test based on the written test results of students with a classical learning completeness percentage of 96%, on the criteria for increasing yield learning at a high level, the results of the observer's assessment of teacher and student activities were 90% and 88% included in the very effective category. The conclusion of this study is very valid, effective, and attractive in learning media used in thematic learning of Cultural diversity of my country Theme 7 Subtema 2 fourth class IV UPTD SD Negeri Bancaran 1, Bangkalan.

Detail Jurnal