Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kotak Pecahan Pada Materi Mengenal Pecahan Sederhana Kelas III di UPTD SD Negeri Kraton 1 BangkalanPenulis : Siti Um MaisaroDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si.Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Maisaro, Siti Um. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kotak Pecahan Pada Materi Mengenal Pecahan Sederhana Kelas III Di UPTD SD Negeri Kraton 1 Bangkalan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si. Pembimbing II: Fachrur Rozie, S. Pd., M. Pd. ABSTRAK Media Pembelajaran adalah alat yang berisi materi pembelajaran dan mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kemenarikan media pembelajaran kotak pecahan pada mata pelajaran matematika kelas III UPTD SD Negeri Kraton 1 Bangkalan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono (2015: 409). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil kelayakan media kotak pecahan sebesar 85,83% dengan kriteria sangat layak, sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan media kotak pecahan sebesar penilaian dari observer hasil persentase lembar aktivitas guru memperoleh hasil sebesar 100% dengan kriteria sangat aktif, sedangkan pada lembar aktivitas siswa memperoleh hasil 86,77% termasuk kriteria sangat aktif, dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa memperoleh hasil 92,31% termasuk dalam kriteria tuntas. Kemenarikan diperoleh dari angket respon siswa pada saat menggunakan media kotak pecahan adalah 92,01% dengan kriteria sangat menarik, dapat digunakan tanpa perbaikan. Semua hasil yang didapat menunjukkan bahwa media kotak pecahan sudah layak, efektif, dan menarik apabila diterapkan dalam pembelajaran. Kata kunci: Media pembelajaran, kotak pecahan.
AbstractionMaisaro, Siti Um. 2019. Development of Mathematics Learning Media Fraction Box in Material Understanding Simple Class III Fractions in UPTD Kraton 1 Bangkalan Elementary School. Essay. Primary School Teacher Education Study Program. Faculty of Science Education. Trunojoyo Madura University. Advisor I: Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si . Advisor II: Fachrur Rozie, S. Pd., M. Pd. ABSTRACK Learning Media is a tool that contains learning material and facilitates achieving learning goals. This research and development aims to determine the feasibility, effectiveness, and attractiveness of fraction box learning media in class III UPTD mathematics subjects at SD Negeri Kraton 1 Bangkalan. The model used in this development research is Borg and Gall adapted by Sugiyono (2015: 409). Based on the results of the research that has been conducted, the results of the fraction media feasibility result are 85.83% with very feasible criteria, very good to use in the learning process. The effectiveness of the fraction box media as big as the assessment of the observer as a result of the percentage of teacher activity results obtained 100% with very active criteria, while on the activity sheet students obtained 86.77% including criteria of very active, and classical completeness of student learning outcomes obtained 92.31 % included in the criteria for completion. Kemenarikan obtained from student questionnaire responses when using the fraction box media is 92.01% with very interesting criteria, can be used without improvement. All the results obtained show that fraction box media is feasible, effective, and interesting when applied in learning. Keywords: Learning media, fraction box.