Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS TIGA (STUDI KASUS SISWA AL DI UPTD SDN BANYUAJUH 1 KAMAL BANGKALAN)
    Penulis : Zehro Humairoh
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Zehro Humairoh. Analisis Faktor Penghambat Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Tiga (Studi Kasus Siswa AL di UPTD SDN Banyuajuh 1 Kamal Bangkalan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Juli, 2019 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam membaca. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apa saja yang menghambat kelancaran membaca pada siswa kelas III di UPTD SDN Banyuajuh 1 Kamal Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penghambat kemampuan membaca yang dialami oleh siswa SD kelas III. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu tentang pendidikan, sekolah dasar, belajar dan pembelajaran, keterampilan berbahasa, dan membaca. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan seorang siswa kelas tiga SDN Banyuajuh 1 kamal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi,. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (Reduction), penyajian data (Data display) dan penarikan kesimpulan (Verivication). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kelancaran membaca berupa faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor Psikologis Kata kunci: siswa, faktor penghambat, kelancaran membaca, sekolah dasar.

    Abstraction

    Zehro Humairoh. The Analysis of Factors Inhibiting Smooth Reading in Third-grade of Elementary School Students at UPTD SDN 1 Banyuajuh,Kamal Bangkalan. Essay. Primary School Teacher Educationstudy program., Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. July, 2019 The background of this research is that by students' difficulties in reading. Theresearch problem in this study is on questioning anything that inhibits the smooth reading of class III students at the UPTD SDN Banyuajuh 1,Kamal Bangkalan. This study aims to describe the factorsinhibiting reading ability experienced by grade III of elementary school students. This study uses several theorieswhich are about education, elementary school management, studying and learning, language skills, and reading. This type of research is qualitative using a type of case study research and using Purposive Sampling techniques. The sample in this study is a third grade student at SDN Banyuajuh 1 kamal. The technique of collecting the data uses observation, interview, and documentation. The technique of analyzing the data uses Data Reduction. Data Display and Data Verivication. Based on the results of the study it can be concluded that the factors influence the smooth reading are physiological factors, intellectual factors, environmental factors, and psychological factors. Keywords: students, inhibiting factors, fluency in reading, elementary school.

Detail Jurnal