Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Multimedia Interaktif MAGIC (Magnet & gravitasi) Untuk Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku SDN Guluk Manjung 1 SumenepPenulis : Wahyu Ramadhany Dwi ShafaDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif MAGIC tema indahnya keragaman di Negeriku subtema indahnya persatuan dan kesatuan Negeriku untuk siswa kelas IV SDN Guluk Manjung I. Peneltian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil persentase rata-rata kevalidan media sebesar 80.57% dengan kriteria valid. Kepraktisan media sebesar 100% dengan kriteria praktis. Keefektifan media diperoleh melalui hasil angket respon siswa dan ketuntasan klasikal tes hasil belajar siswa. Angket respon siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 94.66% dengan kriteria sangat menarik dan hasil ketuntasan klasikal belajar siswa memperoleh persentase rata-rata 100% dengan kategori tuntas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif MAGIC telah valid, praktis dan efektif digunakan pada kelas IV SDN Guluk Manjung I.
AbstractionThe aim of this study development is to understanding the validity, the practicality and the effectiveness of media education interactive multimedia MAGIC theme of Indahnya Keragaman di Negeriku subtheme Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku for student of 4th class SDN Guluk Manjung I. This study and this development is using model research of Borg and Gall. According to the result of the study, it obtained of average percentage of the validity of media as 80,57% within valid criteria. The practicality of media as 100% within practical criteria. The effectiveness of media obtained from the result of questionnaire of student respond and the classical completeness test resulting of student’s study. The questionnaire of student’s respond obtained average percentage as 94,66% within very attractive criteria and the result of classical completeness of student’s study as 100% within complete category. Those result has referring that media education of interactive multimedia MAGIC has been valid, practical, and effective to use at 4th class in SDN Guluk Manjung I.