Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Cahaya pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Cahaya Kelas V UPTD SDN Pendabah 1 Bangkalan
    Penulis : Atifatur Rohmah
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Media Pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media 3 dimensi yang berisikan materi IPA tentang sifat-sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Kotak Cahaya” yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran di UPTD SDN Pendabah 1 Bangkalan. Subjek penelitian adalah 20 siswa UPTD SDN Pendabah 1 Bangkalan semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang memodifikasi dari model pengembangan Borg and Gall (2015:409). Hasil penelitian ini mennjukkan bahwa: (1) hasil kevalidan media memperoleh rata-rata sebesar 91,18% dari validasi ahli media, materi, desain pembelajaran, dan bahasa dengan kategori sangat valid; (2) hasil kepraktisan media yaitu 985% dengan kategori sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi; (3) hasil keefektifan berdasarkan tes hasil belajar siswa 90% pada kategori tuntas dan angket respon siswa 92,6% pada kategori sangat menarik, sehingga media pembelajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kotak Cahaya yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kotak Cahaya, Sifat-sifat Cahaya, Pembelajaran IPA, Model pengembangan Sugiyono

    Abstraction

    ABSTRACT Learning Media is one of the most important components in learning. The media developed in this study is a 3-dimensional media containing science material about the characteristics of light. This study aims to develop a "Kotak Cahaya" learning media that is valid, practical, and effective in learning in the UPTD SDN Pendabah 1 Bangkalan. The subjects of this research are 20 students of UPTD SDN Pendabah 1 Bangkalan even semester 2018/2019 academic year. This development research uses a development model of Sugiyono that modify from the development model of Borg and Gall (2015: 409). The results of this study indicate that: (1) the results of the validity of the media obtain an average are 91.18% from the validation of media experts, material, learning design, and language with very valid category; (2) the results of media practicality are 98,5% with very practical category and can be used without revision; (3) the results of effectiveness based on student learning outcomes test is 90% in complete category and student response questionnaires is 92.6% in very interesting category, so learning media can be said is effective. Based on the result, it can be concluded that Kotak Cahaya learning media which is developed are valid, practical, effective so it suitable to be used in learing. Keywords: Light Box Learning Media, Characteristics of Light, Science Learning, Sugiyono's Development Model

Detail Jurnal