Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Cara Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di UPTD SD Negeri Sumberagung 2 JombangPenulis : Rosalita Yekti GhoranandaDosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan jenis penelitian non eksperimen dan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri Sumberagung 2 Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang pada kelas V yang berjumlah 15 siswa. 1) Hasil perhitungan signifikansi diperoleh thitung = 62,3 > ttabel = 2,160, maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh antara cara belajar terhadap hasil belajar matematika. 2) Hasil perhitungan signifikansi diperoleh thitung = 11,96 > ttabel = 2,160, maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. 3) Hasil perhitungan uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = -30,378 + 1,246X1 + 0,239X2 dan nilai Fhitung = 111,731 > Ftabel = 3,885, maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh secara simultan antara cara belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 99,289%.
AbstractionThis research of this study to reveal the influence of learning methods and learning motivation againts the output of learning math. This research uses quantitative, with the type of non experimental research and using descriptive and inferential statistical analysis. This research was conducted at UPTD elementary school Sumberagung 2 district Megaluh of Jombang regency. In fifth grade of fifteen children. 1) The significance output are obtained thitung= 62,3 > ttable= 2,160, then Ho is rejected so, that there is influence between learning methods towards of math output. 2) The significance output are obtained thitung = 11,96 > ttable = 2,160, then Ho is rejected so, that there is influence between learning motivation towards of math output. 3) The output of the calculation in multiple linear obtained of the equation Y = -30,378 + 1,246X1 + 0,239X2 and the value of Fhitung 111,731 > Ftable = 3,885, then, Ho was rejected so, that there is a simultaneous influence between learning methods and learning motivation on mathematics output of 99,289%.