Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS V UPTD SDN DALPENANG 1 SAMPANG
    Penulis : Aisyatur Rodiyah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan pendidikan nasional merupakan hal yang harus diwujudkan oleh sebuah instansi pendidikan. Salah satu instansi pendidikan adalah sekolah. UPTD SDN Dalpenang 1 melaksanakan program Pembelajaran Al-Qur’an metode UMMI untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional. Penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari menghafal Al-Qur’an terhadap perilaku sosial siswa dan seberapa besar pengaruh dari menghafal Al-Qur’an terhadap perilaku sosial siswa. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SDN Dalpenang 1 Sampang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan wawancara tidak terstruktur. Hasil wawancara menunjukkan adanya pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap perilaku sosial siswa. Hasil Uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan linier Y = 47,6681 + 0,38938 X, yang artinya setiap variabel X ditingkatkan satu satuan maka akan mengakibatkan naiknya variabel Y sebanyak 0,38938. Hasil uji hipotesis selanjutnya adalah uji signifikansi diperoleh thitung = 2,566 < ttabel = 3,168 maka Ho diterima yang berarti tidak ada pengaruh signifikan antara menghafal Al-qur’an terhadap perilaku sosial siswa. Pengujian koefisien determinasi dilakukan untuk mengetahui besaran pengaruh yang diberikan oleh variabel X, diperoleh hasil sebesar 11%, dari hasil koefisien determinasi ini maka pengaruh dari menghafal Al-Qur’an terhadap perilaku sosial yaitu lemah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari menghafal Al-Qur’an terhadap perilaku sosial siswa dan pengaruhnya termasuk dalam kriteria rendah.

    Abstraction

    The aim of national education is something that must be realized by an educational institution. One of the educational institutions is school. UPTD SDN Dalpenang 1 implements the UMMI Al-Qur'an Learning program to realize the objectives of national education. This research is quantitative non-experimental, this study aims to determine whether there is an influence of memorizing the Qur'an on student social behavior and how much influence the memorization of the Qur'an has on students' social behavior. The object in this study is the fifth grade students of UPTD SDN Dalpenang 1 Sampang. Data collection techniques are using questionnaires and unstructured interviews. The results of the interview indicated the influence of memorizing the Qur'an on students' social behavior. The results of a simple linear regression test obtained a linear equation Y = 47,6681 + 0,38938 X, which means that every variable X is increased by one unit so that it will result in an increase in variable Y as much as 0,38938. The results of the next hypothesis test is the significance test obtained by tcount = 2.566

Detail Jurnal