Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kemampuan Membaca terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I UPTD SDN Keleyan 3
    Penulis : Farhana Manzilina
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan membaca siswa, (2) mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa, (3) mengetahui pengaruh kemampuan membaca terhadap kemampuan menulis permulaan siswa, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan membaca terhadap kemampuan menulis siswa kelas I UPTD SDN Keleyan 3 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen. Pada penelitian ini tidak ada perlakuan yang diberikan terhadap siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel jenuh merupakan teknik penentuan sampel dengan menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Instrumen penelitian adalah dengan menggunakan tes yaitu tes kemampuan membaca dan tes kemampuan menulis permulaan. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil tes kemampuan membaca dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas I UPTD SDN Keleyan 3 dalam kategori baik dengan persentase 55,88% (2) berdasarkan tes kemampuan menulis permulaan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa kelas I UPTD SDN Keleyan 3 dalam kategori baik dengan persentase 58,82% (3) berdasarkan hasil hipotesis diperoleh hasil thitung 5,3388 > ttabel 2,03693 yang menyatakan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan membaca terhadap kempuan menulis permulaan siswa kelas I UPTD SDN keleyan 3, dan (4) berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh sebesar 47,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca mempengaruhi kemampuan menulis permulaan siswa kelas I UPTD SDN Keleyan 3 sebesar 47,1%. Kata Kunci: Kemampuan membaca, kemampuan menulis, menulis permulaan

    Abstraction

    This study aims to (1) determine students 'reading ability, (2) determine students' initial writing ability, (3) determine the effect of reading ability on students 'initial writing ability, (4) find out how much influence reading ability has on students' writing ability at UPTD I grade Keleyan 3 Public Elementary School, Socah District, Bangkalan Regency. This type of research is non-experimental quantitative research. In this study no treatment was given to students. The sampling technique used is saturated sample. Saturated sample is a sampling technique by making all members of the population a sample. The research instrument was to use a test that was a reading ability test and an initial writing ability test. Data were analyzed with descriptive statistical techniques and Simple Linear Regression statistical techniques. The results of this study indicate that (1) based on the reading ability test results it can be concluded that the reading ability of the first grade students of UPTD SDN Keleyan 3 is in the not good category with a percentage of 44,1% (2) based on the initial writing ability test it can be concluded that the ability to write the beginning of class students I UPTD SDN Keleyan 3 in the good category with a percentage of 58.82% (3) based on the results of the hypothesis obtained tcount 5.3388 > t table 2.03693 which states Ho is rejected. So it can be concluded that there is an effect of reading ability on women writing beginning of the first grade students of UPTD SDN Keleyan 3, and (4) based on the results of the determination test obtained by 47.1%. Thus it can be concluded that the reading ability affects the writing ability of the beginning of the first grade students of UPTD SDN Keleyan 3 by 47.1%. Keywords: Reading ability, writing ability, starters writing

Detail Jurnal