Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pemberiah Hadiah (Reward) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Darurejo 1 Kabupaten Jombang
    Penulis : Linda Shelvia
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Control Group Desain jenis Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Darurejo 1 yang berjumlah 33 Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemberian hadiah (reward) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemberiah hadiah (reward) dan kelompok kontrol tanpa perlakuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Berdasarkan uji statistik dua sampel independen yang dilakukan, diperoleh nilai t_hitung = 3,629 dan t_tabel = 2,039 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (3,629 > 2,039) sehingga Ho ditolak. Sedangkan pada hasil belajar, berdasarkan uji statistik dua sampel independen, diperoleh nilai t_hitung = 3,238 dan t_tabel = 2,039 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (3,238 > 2,039) sehingga Ho ditolak. Maka hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemberiah hadiah (reward) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

    Abstraction

    This study is quantitative experiment by using Quasi Experimental Control Group Design with type of Non-equivalent Control Group Design. This study is conducted in Third class in State Elementary School of Darurejo 1 with 33 students. This study aims to know the existence or not about the influence of STAD type cooperative learning model by giving a reward to motivation and the students learning result. In this study there are two group, those are experimental group with treatment of STAD type cooperative learning model by giving a reward and control group without treatment. Technique of collecting data is conducted by using questionnaire and test. Based on the statistic test that is conducted by using two independent sample, the value is obtained t_count = 3,629 and t_table = 2,039 on the significant grade of 5%. Therefore, it can be concluded that the value t_count higher than t_table (3,629 > 2,039) so that Ho is rejected. While the learning result, Based on the statistic test that is conducted by using two independent sample, the value is obtained t_count = 3,238 and t_table = 2,039 on the significant grade of 5%. Therefore, it can be concluded that the value t_count higher than t_table (3,238 > 2,039) so that Ho is rejected. So the results of this study shows the significant existence for STAD type cooperative learning model by giving a reward to motivation and the students learning result.

Detail Jurnal