Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Mind Mapping Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V di UPTD SDN Teja Barat 1 Pamekasan
    Penulis : Nur Aini
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Pengembangan buku ajar matematika berbasis mind mapping dilatar belakangi oleh seringnya siswa melakukan kesalahan dalam pengerjaan soal sehingga hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran matematika kelas V UPTD SDN Teja Barat 1 Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika berbasis mind mapping yang valid, efektif, dan menarik pada pembelajaran matematika materi bangun ruang siswa kelas V UPTD SDN Teja Barat 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Buku ajar matematika berbasis mind mapping telah divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli desain buku ajar, dan ahli desain pembelajaran. Terdapat 3 uji coba penelitian yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Istrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Validasi buku ajar memperoleh nilai sebesar 83,81% dengan kategori valid. Keefektifan buku ajar berbasis mind mapping dipeoleh dari aktivitas guru (92,22%), aktivitas siswa (84,85%) dan hasil belajar siswa (ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%). Berdasarkan ketiga aspek tersebut buku ajar matematika berbasis mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Kemenarikan buku ajar uji coba kelompok besar memperoleh nilai sebesar 90,2% dengan kategori sangat menarik.

    Abstraction

    The development of mind mapping-based mathematics textbook is motivated by the frequent occurrence of students making mistakes in the working on questions so that students’ learning outcomes are low on fifth grade mathematics subjects of UPTD SDN Teja Barat 1 Pamekasan. This study has an objective to develop a valid, effective and attractive mind mapping-based textbook on mathematics learning in the solid figures materials for fifth grade students of UPTD SDN Teja Barat 1 Pamekasan. This study uses a 4D model (define, design, development, and disseminate). Mind mapping-based mathematics textbook has been validated by material expert, linguist, textbook design expert and learning design expert. There are 3 research testing, namely individual testing, small group testing and large group testing. Instruments of collecting data in this study uses interview guidelines, observation sheets, questionnaires, and test sheets. The validation of textbook obtains a value of 83.81% with a valid category. The effectiveness of mind mapping-based textbook is obtained from teacher activities (92.22%), students’ activities (84.85%) and students’ learning outcomes (students’ classical completeness of 100%). Based on the three aspects, mind mapping-based mathematics textbook is effective to be used in the learning because it has met the specified criteria. The attractiveness of the textbook of large group testing obtains a value of 90.2% with a category of very attractive.

Detail Jurnal