Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF “ANIMAL FISHING BOX” MATERI HEWAN DAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS V SDN SOCAH 2 BANGKALANPenulis : Muhammad Alin Putra Khoirol LanaDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Media pembelajaran adalah alat yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran untuk mempermudah komunikasi antara guru dan siswa dengan tujuan agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran manipulatif “animal fishing box” pada tema ekosistem subtema komponen ekosistem di pembelajaran 1 tentang materi hewan dan jenis makanannya. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall adaptasi sugiyono Model ini terdiri dari 10 tahap, namun dimodifikasi menjadi 9 tahap oleh pengembang. Hasil kevalidan media sebesar 88,5 pada kategori sangat valid yang diperoleh dari ahli media 86% pada kategori sangat valid ahli bahasa 96% pada kategori sangat valid, ahli materi 80% pada kategori valid, ahli desain pembelajaran 92% pada kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan media mencapai 88,5% pada kategori sangat valid. Hasil kepraktisan media pada uji coba pemakaian mencapai 95,5% pada kategori sangat baik atau sangat terlaksana sehingga dapat dikatakan media pembelajaran sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil keefektifan produk pada uji coba pemakaian dilihat dari respon siswa 92,5 pada kategori sangat menarik dan hasil belajar siswa 90% pada kategori tuntas sehingga dapat dikatakan media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan kriteria media pembelajaran yang baik, maka media pembelajaran manipulatif “animal fishing box” telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Media Pembelajaran Manipulatif “animal fishing box”, Hewan dan Jenis Makanannya, Model Pengembangan Borg & Gall.
AbstractionABSTRACT Learning media is a tool that used by teacher in conveying material to make communication easy between students and teacher that purposes to make students can achieve good learning. This development aim to know validation degree, practicability, effectiveness of manipulative learning media “Animal Fishing Box” on the ecosystem theme, ecosystem component sub-theme in learning 1 about animals and their kinds of food. The development model that used is Borg & Gall which is adapted by Sugiyono. This model consists of 10 stages, but it is modified to 9 stages by the developer. The results of media validity are 88,5% in very valid category that are gotten from media expert is 86% in very valid category, linguists is 96% in very valid category, material expert is 80% in very valid category, learning design expert is 92% in very valid category with average of them achieve 88,5% in very valid category. The result of product practicability on usage test achieves 95,5% in very good or complete category so it can be said that learning media is practical to used in learning. The results of product effectiveness on usage test looked from student responses is 92,5% in very interested category and the result of student learning is 90% in complete category, so it can be said that learning media is practical to used in learning. Based on the criteria of good learning media, it can be concluded that manipulative learning media “Animal Fishing Box” fulfilled valid, practical and effective categories. Keywords: Manipulative Learning Media “Animal Fishing Box”, Animals and Their Kinds of Food, The Development Model of Borg & Gall.