Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Kebiasaan Belajar dan Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Matematika Siswa UPTD SD Negeri Socah 3Penulis : Leni Ningtia SafitriDosen Pembimbing I : Mahmud, S.IP., M.SiDosen Pembimbing II :Conny Dian Sumadi, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SD Negeri Socah 3 yang berjumlah 30 siswa. 1) Hasil perhitungan uji signifikan parsial antara X1 dengan Y diperoleh Fhitung = 84,111 > Ftabel F(?) (k, dk) = 4,196, maka Ho ditolak sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. 2) Hasil perhitungan uji signifikan parsial antara X2 dengan Y memperoleh Fhitung = 73,300 > Ftabel F(?) (k, dk) = 4,196, maka Ho ditolak sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar matematika. 3) Hasil perhitungan uji signifikan secara simultan diperoleh Fhitung = 58,000 > Ftabel F(?) (k, dk) = 3,354, maka Ho ditolak sehingga terdapat hubungan kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah secara simultan dengan hasil belajar matematika. Nilai koefisien korelasi berganda yang diperoleh sebesar 0,901 dengan kategori sangat kuat. Hasil uji determinasi sebesar 81,20% yang menunjukkan kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 81,20%. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar di Sekolah, Hasil Belajar Matematika
AbstractionThe purpose of this research is to know relationship between study habits and learning facilities in the school with mathematic learning outcomes. The research approach in this research is quantitative. Sampel of this research is fourth grade students of UPTD SDN Socah 3 that amount 30 students. 1) The result of significant partial relationship between X1 with Y, it’s obtained Fcount = 84,111 > Ftable F(?) (k, dk) = 4,196, then Ho is rejected so that it has significant relationship between study habits with mathematic learning outcomes. 2) The result of significant partial relationship between X2 with Y, it’s obtained Fcount = 73,300 > Ftable F(?) (k, dk) = 4,196, then Ho is rejected so that it has significant relationship between learning facilities in the school with mathematic learning outcomes. 3) The result of significant test calculation simultaneously, it’s obtained Fcount = 58,000 > Ftable F(?) (k, dk) = 3,354, then Ho is rejected so that it’s has significant simultaneous relationship between study habits and learning facilities in the school with mathematic learning outcomes. The multiple correlation coefficient obtained by 0,901 with very strong category. The result of determination test is 81,20% that show the contribution of variable X1 and X2 to variable Y equal 81,20%. Keywords : Study Habits, Learning Facilities in the School, Mathematic Learning Outcomes