Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC(COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V UPT SDN REJOSO 01 BINANGUN
    Penulis : Sanidatul 'Asiroh
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini menggunakan bentuk desain nonequivalent control grup design, dan dilaksanakan di kelas V UPT SDN Rejoso 01 dengan jumlah 41 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V UPT SDN Rejoso 01. Hasil perhitungan statistik menggunakan rumus uji t dua sampel Independen posttest diperoleh thitung = 2,706 > ttabel = 2,023 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang siginifikan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Apabila ada perbedaan signifikan nilai rata-rata posttest di mana rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol maka terdapat pengaruh. Rata-rata posttest kelas eksperimen = 77,69 ? rata-rata posttest kelas kontrol = 66,73. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V UPT SDN Rejoso 01. Kata kunci: Pembelajaran CIRC, Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah

    Abstraction

    ABSTRACT This study was using nonequivalent control grup design which conducted in fifth grade of UPT SDN Rejoso 01 by a total of 41 students. The objective of the study is to know the effect of learning CIRC on mathematical problem-solving abilities of fifth-grade students of UPT SDN Rejoso 01. The results of statistical calculations using the t-test samples of two independent samples obtained by tcount = 2,706 > ttable = 2,023 then Ho is rejected and Ha is accepted. Its means there is a significant difference in the average posttest value experimental class and control class. If there is a significant difference in the average posttest value where the experimental class is greater than the control class, there is influence. Average posttest value experimental class = 77,69 ? average posttest valuec ontrol class = 66,73. So that CIRC learning influencing mathematical problem-solving abilities of fifth-grade students of UPT SDN Rejoso 01. Keywords: CIRC Learning, Mathematics, Problem Solving Ability

Detail Jurnal