Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDMursyidah
    Penulis : Izza Novitasari
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa berpikir kritis, kemampuan awal siswa berpikir kreatif, pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi energi dan perubahannya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Mursyidah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 50 siswa sebagai sampel dengan 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji t dua sampel independent. Hasil kemampuan awal siswa berpikir kritis menunjukkan nilai pretest klasikal kelas eksperimen 36 dan kelas kontrol 32,2 pada kategori kurang kritis. Hasil kemampuan awal siswa berpikir kreatif menunjukkan nilai pretest klasikal kelas eksperimen 40 dan kelas kontrol 34,8 pada kategori kurang kreatif. Hasil perhitungan posttest uji t keterampilan berpikir kritis diperoleh thitung = 7,014 > ttabel = 2,011, keputusan yang didapat yaitu Ho ditolak. Hasil perhitungan posstest uji t keterampilan berpikir kreatif diperoleh thitung = 7,183 > ttabel = 2,011, keputusan yang didapat yaitu Ho ditolak maka terdapat perbedaan. Apabila ada perbedaan perbedaan yang signifikan rata-rata nilai posttest, yaitu nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran experiential learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas IV di SD Mursyidah. Kata Kunci : Berpikir kritis, berpikir kreatif, model pembelajaran experiential leraning

    Abstraction

    ABSTRACT This research aims to find out initial critical thinking skill ability and creative thinking of students influenced by experiential learning under theme energy and its dynamics. This research was done at Mursyidah Primary School Surabaya. This quasi experimental research with non-equivalent control group design had 50 students as its sample. They were grouped into experimental group and control group in which each of them consisted of 25 students. The data analysis used t-test of two independent samples. The findings showed initial CTA on classical pretest result of experimental group was 36 and control group 32.2 categorized as less critical. Findings of initial creative thinking on classical pretest result of experimental class gained 40 and control 34.8, categorized less creative. Posttest result by using t-test of CTA gained tcalculated = 7.014 and ttable = 2.011 in which tcalculated > ttable. Thus, H0 is denied since there is difference. The posttest result of t-test of creative thinking gained tcalculated = 7.183 and ttable = 2.011. It meant tcalculated > ttable, meaning that H0 is denied. When there was significant difference of posttest average score of control group then there was influence. Based on the calculation, it is concluded experiential learning model influenced CTA and creative thinking of fifth graders of the school. Keywords: Critical thinking, creative thinking, experiential learning model

Detail Jurnal