Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (KARAKTER MANDIRI DALAM MEMBACA, MENULIS, DAN LISAN) SISWA KELAS 4 DAN 5 SD NEGERI 1 MLILIR BERBEK NGANJUK.
    Penulis : PHATIH ALLAM HARMAHADINATA
    Dosen Pembimbing I : ANDIKA ADINANDA S., S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Pembelajaran kurikulum 2013 menuntut siswa aktif, peran penting guru, dan fasilitas yang terus berkembang, SDN 1 Mlilir melaksanakan program Gerakan Literasi Sekolah. Literasi merupakan kemampuan (membaca, menulis, dan lisan) sebagai pendukung pelaksanaan kurikulum, dan karakter merupakan cara berfikir dan berperilaku seseorang. Penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi gerakan literasi sekolah dan karakter mandiri dalam membaca, menulis, dan lisan. Gerakan literasi sekolah merupakan usaha partisipatif dengan melibatkan warga sekolah. Sejalan dengan kebutuhan literasi, pengembangan kemampuan untuk menghadapi abad 21 peserta didik harus menguasai kompetensi membaca pemahaman, menulis yang baik, dan berbicara secara akuntabel. Kesimpulan dalam penelitian ini gerakan literasi sekolah dilakukan 15 menit sebelum jam pembelajaran. Peserta didik mengikuti implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan 93 persen, pengembangan 90 persen, dan pembelajaran 93 persen. Karakter sebagai landasan pendidikan nasional pada abad 21 kemampuan yang harus dikuasai adalah literasi membaca, menulis, dan lisan. Karakter mandiri peserta didik dalam Membaca 92 persen, menulis 93 persen, dan lisan 91 persen. Kata Kunci: Gerakan literasi sekolah, Karakter mandiri dalam membaca, menulis, dan lisan

    Abstraction

    Curriculum 2013 obliges active students, teacher important roles and developing facilities. Public Elementary School Milir 1 implementing School Literacy Movements. Literacy is reading, writing and oral ability as supporting part in carrying the curriculum and character is people way of thinking and their behaviors. This research is quantitative non-experiment which objective is to find out implementation of school literacy movements and independent character in reading, writing and speaking. School literacy movement is a participatory attempt which involves school member. As preparation to confront 21 centuries, students must have good understanding in reading, excellent writing and accountable speaking. For this research conclusion, literacy school movement is carried out 15 minutes before studying activity. Students follow the implementation of the school literacy movement at the habituation stage 93 percent, 90 percent development, and 93 percent learning. Character as the foundation of national education in 21 centuries the abilities that must be mastered are literacy of reading, writing, and oral. The independent character of students in reading 92 percent, writing 93 percent, and oral 91 percent. Key Words: School literacy movement, Independent character in reading, writing, and oral

Detail Jurnal