Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 5E Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri Demangan 2 BangkalanPenulis : Sridatin AmaliaDosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Sridatin Amalia. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 5E Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri Demangan 2. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mohammad Edy Nurtaman, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru belum dapat memaksimalkan pemahaman konsep matematika siswa, dikarenakan pembelajarannya masih bersifat teacher centered, guru tidak melibatkan siswa secara aktif untuk membentuk, menemukan dan mengembangkan pengetahuannya terhadap permasalahan matematika. Alternatif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa, dengan menerapkan model pembelajaran cycle learning 5E. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model cycle learning 5E terhadap pemahaman konsep siswa dan bagaimana respon siswa terhadap model cycle learning 5E. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V di UPTD SD Negeri Demangan 2 yang berjumlah 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan observasi. Tehnik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu tahap deskripsi data, tahap uji prasyarat analisis dan tahap uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil posttest pemahaman konsep antara kelas eksperimen yang diberikan model cycle learning 5E dan kelas kontrol yang tidak diberi model cycle learning 5E. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil thitung = 7,1757 > ttabel = 2,0085, dengan perolehan rerata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 78,35 > 63,19. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran cycle learning 5E memberikan pengaruh yang positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Sedangkan hasil rekapitulasi rata-rata respon siswa terhadap model cycle learning 5E, menunjukkan sebesar 90,47% siswa memberikan respon yang positif. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran cycle learning 5E baik diterapkan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cycle Learning 5E, Pemahaman Konsep, Respon siswa.
AbstractionSridatin Amalia. 2019. The Effect of 5E Learning Cycle Model on the Understanding of Mathematics Concepts of Fifth Grade Students of UPTD SD Negeri Demangan 2. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mohammad Edy Nurtaman, S.Pd., M.Si. Advisor II: Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Mathematics learning that is applied by the teacher has not been able to maximize the students’ understanding of mathematics concepts because the learning is still teacher centered that the teacher does not actively involve students to form, find and develop their knowledge of mathematics problems. Alternative in an effort to improve students’ concepts understanding is by applying 5E learning cycle model. The objective of this study is to know the effect of 5E learning cycle model on student’ concepts understanding and how the students’ response on the 5E learning cycle model is. The research method that used is quantitative method with a Quasi Experimental Design as the research design. Sample that used is all fifth grade students in the UPTD SD Negeri Demangan 2 with a total of 52 students. Technique of collecting data uses tests, questionnaires and observations. Technique of analyzing data consists of three stages, namely the data description stage, the analysis prerequisite test stage and hypothesis testing stage using t test of two independent samples. The results of hypothesis testing analysis show that there is a significant difference in the posttest results of concepts understanding between the experimental class that is given the 5E learning cycle model and control class that is not given the 5E learning cycle model. It is proven by the results of tcount = 7.1757 > ttable = 2.0085, with the average of experimental class is higher than control class that is 78.35>63.19. Thus, the use of the 5E learning cycle model has a positive effect on the students’ understanding of mathematics concepts. Meanwhile, the results of the average recapitulation of students’ response on the 5E learning cycle model show that 90.47% of students give a positive response. So, it can be concluded that 5E learning cycle model is good to be applied in mathematics learning. Keywords: 5E Learning Cycle Model, Concepts Understanding, Student Response.