Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Sikap Disiplin Siswa UPTD SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Marcelius Iranda Ricsa
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Conny Dian Sumadi, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan sikap disiplin siswa. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dimana semua populasi menjadi sampel. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SD Negeri Socah 4 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji koefisien korelasi product moment dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan sikap disiplin. Berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan, maka diperoleh nilai thitung = 10,020 dan ttabel = 2,060. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,895 dengan kategori sangat kuat. Hasil uji determinasi sebesar 80,06% yang menunjukkan kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 80,06%. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Sikap Disiplin

    Abstraction

    The purpose of this research is to know relationship between study habits with discipline attitude. The research approach in this research is quantitative. The sampling technique is used total sampling, where all of the population become sampel. Sampel of this research is fifth grade students of UPTD SDN Socah 4 that amount 27 students. Data collection technique in this research are documentation and questionnaire. The hypothesis test is used are product moment correlation coefficient test and the coefficient of determination. The result of this research shows that there is significant relationship between study habits with discipline attitude. Based on the result of significant test calculation, it’s obtained tcount = 10,020 dan ttable = 2,060. The correlation coefficient obtained by 0,895 with very strong category. The result of determination test is 80,06% that show the contribution of variable X to variable Y equal 80,06%. Keywords : Study Habits, Discipline Attitude

Detail Jurnal