Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Abar-Abir Bungah Gresik
    Penulis : Shokhikhatus Silmi
    Dosen Pembimbing I : Mahmud, S.IP., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Conny Dian Sumadi, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dan (3) Mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Abar-Abir Bungah Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan jenis penelitian asosiatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, sampel yang digunakan sebanyak 18 siswa yaitu dari seluruh jumlah populasi yang ada di SDN Abar-Abir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil pengisian kuesioner motivasi belajar dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Abar-Abir dalam kategori baik, karena jumlah siswa yang masuk dalam kategori bermotivasi baik adalah 66.7% dari total keseluruhan 18 siswa, (2) Berdasarkan dokumentasi hasil UAS matematika dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Abar-Abir dalam kategori tinggi, karena jumlah siswa yang memperoleh hasil belajar diatas KKM (Ketuntasan Kriteria Minimum) sebanyak 72.2% dari total keseluruhan 18 siswa, dan (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana, uji signifikansi dan uji determinasi, hasil persamaan regresi menunjukkan Y = 46.646 + 0.7128X dengan nilai korelasi r = 0.85909. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Uji signifikan (uji t) diperoleh hasil t_hitung = 6.71 > t_tabel = 2.12. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Abar-Abir. Uji determinasi sebesar 73.8%, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar matematika kelas IV di SDN Abar-Abir Bungah Gresik sebesar 73.8%. Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar

    Abstraction

    This study aims to (1) Determine students' motivation in mathematics, (2) Determine student learning outcomes in mathematics, and (3) Determine how learning motivation influences mathematics learning outcomes in grade IV SDN Abar-Abir Bungah Gresik . This research is a non-experimental quantitative research with associative type of research. The collecting of the dat in this study used a questionnaire and documentation, the sample used by 18 students, namely from the total population in SDN Abar-Abir. The results of this study indicate that: (1) Based on the results of the learning motivation questionnaire it can be concluded that the mathematics learning motivation of fourth grade students of SDN Abar-Abir is in the good category, because the number of students included in the good motivated category is 66.7% of the total of 18 students, (2) Based on the documentation of the result of mathematics UAS. It can be concluded that the mathematics learning results of grade IV Abar-Abir elementary school students are in the high category, because the number of students who obtained learning outcomes above KKM (Minimum Criteria Complete) is 72.2% of the total of 18 students, and (3) Based on the results of hypothesis testing using a simple linear regression test, significance test and determination test, the results of the regression equation show Y = 46,646 + 0.7128X with a correlation value of r = 0.85909. This shows that there is a positive influence of learning motivation on learning outcomes in mathematics. Significant test (t test) obtained results = 6.71> = 2.12. This shows that Ho is rejected, which means there is a significant influence of learning motivation on mathematics learning outcomes of fourth grade students of SDN Abar-Abir. The determination test was 73.8%, so it can be concluded that motivation to learn affects the learning outcomes of grade IV mathematics at SDN Abar-Abir Bungah Gresik by 73.8%. Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes

Detail Jurnal