Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SDN MUNDUSEWU III BARENG JOMBANGPenulis : Putri RahayuNingsihDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.PdAbstraksi
Rahayu Putri, Ningsih. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Sikap Demokratis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SDN Mundusewu III Bareng Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing 1: Mujtahidin, S.Pd,.M.Pd, Pembimbing II: Umi Hanik, S.Pd.,M.Pd. ABSTRAK Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Mundusewu III Bareng Jombang yang berjumlah 32 siswa, jenis sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan jumlah sampel 16 kelompok eksperimen dan 16 kelompok kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi terhadap sikap demokratis siswa. Berdasarkan perhitungan uji t dua sampel independen nilai posttest menghasilkan thitung sebesar= 3,332 dan ttabel sebesar 2,042, hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung = 3,332 ? ttabel = 2,042, sehingga Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata tes sikap demokratis siswa pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model telaah yurisprudensi dan kelompok kontrol tanpa menggunakan model telaah yurisprudensi. Hal ini membuktikan bahwa model telaah yurisprudensi berpengaruh terhadap sikap demokratis siswa kelas V SDN Mundusewu III Bareng Jombang, dimana rata-rata nilai posstest kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Model Telaah Yurisprudensi pertemuan pertama diperoleh rata-rata sebesar 82,18 dengan kategori sangat baik dan pertemuan kedua diperoleh rata-rata 86,87 dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi, Pendidikan Kewarganegaraan, Sikap Demokratis
AbstractionRahayu Putri, Ningsih. 2019. Effects of Learning Model on the Study of Jurisprudence on Democratic Attitudes in the Subject of Class V Citizenship Education at SDN Mundusewu III Bareng Jombang. Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor 1: Mujtahidin, S.Pd, .M.Pd, Supervisor II: Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research is a quantitative study using Quasi Experimental design, this research was conducted in class V of SDN Mundusewu III Bareng Jombang with the number of 32 students, the type of sample used was saturated sample with a sample of 16 experimental groups and 16 control groups. This study aims to determine the effect of the Jurisprudence Study Learning Model on students' democratic attitudes. Based on the t-test calculation of two independent samples, the posttest value produces tcount = 3,332 and ttable of 2,042, the calculation results show that tcount = 3,332 abel ttable = 2,042, so Ho is rejected which means there are differences average in democratic attitudes of students in the experimental group after learning using the model review of jurisprudence and control groups without using a model of jurisprudence study. This proves that the study model of jurisprudence influences the democratic attitude of fifth grade students of SDN Mundusewu III Bareng Jombang, where the average posstest value of the experimental group is higher than the control group. Activities of students increased by using model study of jurisprudence Activities of students in learning by using Model Assessing the first meeting Jurisprudence gained an average of 82.18 with excellent category and a second meeting gained an average of 86.87 with very good category. Keywords: Learning Model Analysis of Jurisprudence, Citizenship Education, Democratic Attitudes