Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Picture Storybook Kebhinekaan untuk Memberikan Pemahaman tentang Sikap Tolerani Siswa
    Penulis : LLaini Basymatul Halawiyah
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Pictures storybooks yaitu buku yang menampilkan gambar dan teks dan keduanya saling menjalin. Jenis cerita bergambar pada penelitian ini yaitu jenis cerita rekaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kemenarikan picture storybook.. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Picture storybook divalidasi oleh 3 validator ahli yakni ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali yakni uji coba produk dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kevalidan validasi beberapa ahli yang meliputi ahli media yaitu 91%, ahli materi 93% dan ahli bahasa 72% yang kemudian dijadikan validasi rata-rata yaitu 85% dengan kategori sangat valid (2) hasil uji keefektifan dari tes siswa pada uji coba pemakaian hasil tes siswa sebesar 94.5% dengan kategori efektif. (3) hasil uji kemenarikan dari angket respon siswa yaitu presentase hasil angket respon siswa pada uji coba pemakaian hasil tes siswa sebesar 98% dengan kategori menarik. Kesimpulan penelitian ini adalah media picture storybook kebhinekaan sangat valid, efektif dan menarik digunakan untuk memberikan pemahaman tentang sikap toleransi pada siswa di SDN Gili Barat.

    Abstraction

    ABSTRACT Pictures storybooks are books that display images and text. The genre of picture storybook in this study is a genre of imaginary story . The research aim to understand the validity, effectiveness, and interest of picture storybook. This study uses the development model of Borg and Gall adapted by Sugiyono. This picture storybook is validate by 2 validators of media, materials, and linguists. The test in this study were conducted in 2 times, they are product test and usage test. The results of this study indicate that: (1) the validity test results of several experts including 91% media expert, 93% material experts and 72% linguists. Which is then used as an average validation of 85% with a very valid category (2) the test results of the effectiveness of students trial the use of student test results amounted 94.5% with category effective (3) the results of the attractiveness test from the student response questionnaire presentation amounted in the trial the use of student test results was 98% with category interesting. The conclusion of this study is that picture media diversity storybook is very valid, effective and interesting to use to provide an understanding of the attitude of tolerance in students at West Gili Elementary School.

Detail Jurnal