Detail Karya Ilmiah

  • PERAN PRAMUKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SEBAGAI SALAH SATU PEMBINAAN WARGA NEGARA DI SDN 1 TENGGOR
    Penulis : AGUNG SUDRAJAT
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengungkap bagaimana peran pramuka untuk mengembangkan karakter tanggungjawab sebagai salah satu pembinaan warga negara di SDN 1 Tenggor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kebenaran dan keabsahan data dalam penelitian ini ditetapkan menggunakan teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pramuka untuk mengembangkan tanggungjawab sebagai salah satu pembinaan warga negara merupakan sarana yang tepat dalam membentuk karakter tanggungjawab peserta didik atau anggota pramuka. Metode yang digunakan untuk membentuk karakter tanggungjawab adalah pemberian nasihat, contoh keteladanan dari pembina pramuka, pemberian tugas, pemberian sanksi, pengamalan dasa dharma pramuka, dan pencapaian SKU. Faktor-faktor pendukung pengetahuan, sikap, pengalaman yang dimiliki pembina pramuka, kesadaran diri dari anggota pramuka, sarana, dan prasarana. Faktor-faktor penghambat tidak terbiasanya diri dari anggota pramuka dan kurangnya pengetahuan dari anggota pramuka. Kata Kunci: pramuka, karakter tanggungjawab, dan warga negara

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study is to reveal how the role of scouts to develop the character of responsibility as one of the development of citizens in elementary schools 1 Tenggor. This research is a qualitative descriptive study. The data collected through observation, interviews, and documentation. The truth and validity of the data in this study were determined using triangulation dan member check techniques. The results of the study to show that the role of scouts to develop the character of responsibility as one of the development of citizens is a means exactly in establish the character of the responsibility of students or scout members. The methods used in the character of responsibility are giving advice, exemplary from the scoutmaster, assignments, sanctions, practicing Dasa Dharma scout, and achievement of SKU. The supports factors of knowledge, attitudes, experience of the scoutmaster, self-awareness of the members of the scout, facilities and infrastructure. The inhibiting factors are not used to scout members and lack of knowledge from scout members. Key words: scouts, character of responsibility, citizens

Detail Jurnal