Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MILIAR (MINIATUR LINGKUNGAN SEKITAR) TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK SISWA KELAS IV UPTD SDN GILI TIMUR 1 KAMAL
    Penulis : FITRI NUR LAILIYAH
    Dosen Pembimbing I : MUJTAHIDIN, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :FACHRUR ROZIE, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MILIAR (Miniatur Lingkungan Sekitar) yang layak dari segi kevalidan, kepraktisan, kemenarikan, dan keefektifan dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh presentase kevalidan dari 4 validator yaitu 91,67% menurut ahli media pembelajaran, 85,71% menurut ahli materi, 80% menurut ahli desain pembelajaran, 82,50% menurut ahli bahasa dan validasi rata-rata 84,97% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media diperoleh rata-rata sebesar 98,61% dengan kategori praktis. Kemenarikan media diperoleh rata-rata sebesar 91,07% dengan kategori sangat menarik. Keefektifan media yang ditinjau dari ketuntasan belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 97,5% sehingga dinyatakan efektif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran MILIAR (Miniatur Lingkungan Sekitar) sangat valid, praktis, sangat menarik, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

    Abstraction

    This research aims to develop MILIAR (Miniatur Lingkungan Sekitar) learning media which suitable from validity side, practicality, attractiveness, and the effectivenessin learning. The research and development use Borg and Gall model that were modified. Steps on the development consist of potential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, usage testing, product revision, mass production. Based on the result of the research, it can be concluded that percentage of validation from 4 validator are 91,67% according to learning media experts, 85,71% according to substansial experts, 80% according to learning design experts, 82,50% according to linguists and the average of validation is 84,9% with very valid category. The practicality of media is gotten 98,61%with practical category. The attractiveness of media is gotten 91,07% with very attractive category. The effectiveness of media that is observed from student’s complete learning is gotten 97,5%, so it can be clarified effective. The result of the research show that MILIAR (Miniatur Lingkungan Sekitar) learning media is very valid, practical, very attractive, and effective to be used in learning.

Detail Jurnal