Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT INDONESIA (MAPS PATRI) PADA KELAS IV SDN TANJUNGJATI I KAMALPenulis : WAHYU PRIBADIDosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.SOS., M.SIDosen Pembimbing II :RIKA WULANDARI, S.PD., M.PDAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran peta pakaian adat Indonesia (MAPS PATRI) yang valid, menarik dan efektif untuk kelas IV SDN Tanjungjati I Kamal. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Thiagrajan (1974) dengan menggunakan model 4D. Instrumen penelitian pengembangan ini antara lain lembar wawancara, observasi, lembar validasi, angket respon siswa dan dokumentasi. Langkah-langkah pada penelitian ini adalah analisis kondisi awal, rancangan media, validasi, revisi dan uji coba produk. Hasil kevalidan media MAPS PATRI memperoleh persentase: kevalidan media 92,64%, kevalidan materi 85,41%, kevalidan desain pembelajaran 80,55%. Dari ketiga validator didapat rata-rata sebesar 86,2% dengan kriteria sangat valid. Hasil keefektifan media MAPS PATRI memperoleh persentase: aktivitas guru 91,11%, aktivitas siswa 91,02%, hasil belajar 100% yang artinya media sangat efektif. Hasil kemenarikan (angket respon siswa) media MAPS PATRI memperoleh persentase sebesar 91,1% dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil dari penelitian pengembangan media media MAPS PATRI sangat valid, menarik dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
AbstractionThis research objective is to develop learning media of Indonesia traditional clothes maps (MAPS PATRI) which is valid, interesting and effective for 4th grade public elementary school Tannjungjati I Kamal. This is developing research which adapting from Thiagrajan (1974) by using 4D model. This research developing instrument is interview sheet, observation, validation sheet, student respond questionnaire and documentation. The steps of this research are analyzing initial situation, media design, validation, revision and testing the product. The result of MAPS PATRI validity is in percentage: media validity 92,64%, materials validity 85,41%, learning design validity 80,55%. The three validator is very valid due the average result is 86,2%. The effectiveness MAPS PATRI result: teacher activity 91,11%, student activity 91,02% and learning result 100%. It proves if the media is very effective. Appealing result from (student respond questionnaire) MAPS PATRI 91,1% with very interesting criteria. In conclusion from media development research it could be concluded that MAPS PATRI are very suitable to be used in studying.