Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Segi Banyak Kelas IV
    Penulis : Kurniawati Hasana
    Dosen Pembimbing I : Rika Wulandari, S.Pd., M.pd
    Dosen Pembimbing II :Ana Naimatul Jannah, S.Pd., M.pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang valid, yang efektif, dan yang menarik terhadap media pop-up book materi segi banyak. Desain pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall (Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, uji coba pemakaian). Data diperoleh melalui wawancara, angket respon siswa, post test,dan dokumentasi. Penelitian dilakukan kepada 39 siswa kelas IV UPTD SD Negeri Demangan 2 Bangkalan. Uji coba produk kepada 9 siswa atau kelompok kecil dan uji coba pemakaian kepada 30 siswa atau kelompok besar yang dibagi menjadi 4 kelompok. Penilaian kelayakan media menunjukkan rerata persentase sebesar 77% atau layak digunakan. Respon siswa pada kelompok kecil berjumlah 9 siswa yaitu 90% dengan kriteria sangat menarik. Sedangkan respon siswa pada kelompok besar berjumlah 30 siswa yaitu 91% dengan kriteria sangat menarik. Maka media Pop Up Book Matematika dapat dikatakan menarik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi segi banyak untuk kelas IV.

    Abstraction

    This study aims to develop a valid, effective, and attractive media for the multi material pop-up book media. Development design used is Borg and Gall (potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, product trials, usage trials). Data obtained through interviews, student questionnaire responses, post test, and documentation. The study was conducted on 39 students in the grade 4 of the UPTD SD Negeri Demangan 2 Bangkalan. Product testing to 9 students or small groups. Usage trials for 30 students or large groups divided into 4 groups. Media feasibility assessment shows an average percentage of 77% or feasible to use. Students responses in small groups amounted to 9 students, namely 90% with very interesting criteria. While the response of students in large groups amounted to 30 students, namely 91% with very interesting criteria. Then the mathematical pop up book media can be said to the interesting and feasible to be used as a medium of mathematics learning on many facets of material for grade 4.

Detail Jurnal