Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SDN SAMBUNGREJO SIDOARJO
    Penulis : MIFTA NURDIANA
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI., S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V, menemukan hambatan yang dialami siswa, dan menemukan solusi yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada bacaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh direduksi dan ditriangulasikan serta dilakukan analisis oleh peneliti. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas V, dan 6 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca pemahaman siswa pada bacaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kurang baik, Ilmu pengetahuan sosial mengkaji berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora serta kegiatan dasar manusia yang dikemas secara alamiah dalam rangka memberi wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik, khususnya di tingkat dasar dan menengah, (2) hambatan siswa dalam membaca pemahaman bacaan yaitu siswa kurang mampu dalam menceritakan kembali bacaan yang telah dibaca dan susahnya siswa untuk mengungkapkan kesimpulan pada pembelajaran, dan (3) solusi yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman yaitu dengan cara membimbing siswa dan menjelaskan teknik-teknik dalam membaca agar siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik. Kata Kunci : Membaca, Kemampuan Membaca Pemahaman, Ilmu Pengetahuan Sosial

    Abstraction

    This research aims to find out the reading comprehension ability of fifth grade students, find the obstacles that experienced by the students, and find the solution confucted by the teacher to increase the student's reading comprehension ability in Social Sciences subjects. The type of descriptive qualitative approach was conducted by interview, observation, and documentation. The data obtained in the field are reduced, triangulated and analyzed by the researcher. Informants in this research are headmaster, fifth grade class teacher and 6 students. Based on the results of the study showed that (1) the students' reading comprehension ability in reading Social Sciences subjects was not good enough, social science assesses various disciplines and socialiates and human basic activities which are well-packaged in order to provide deep insights and understanding to learners, especially at the base and medium level, (2) students' barriers in reading comprehension that shows when students less able to retell the readings they have read and students had difficulty expressing conclusions on learning, as well (3) the solutions made by the teachers to improve reading comprehension ability, by guiding the students and explaining the techniques in reading so that students are able to understand the contents of the reading properly. Keywords: Reading, Reading Comprehension Ability, Social Sciences

Detail Jurnal